LG Tunda Rencana Jual iPhone di Toko Korea Selatan

<b> Lifepod.id </b> - LG dikabarkan menunda rencana menjual iphone di LG Best Shop, Korea Selatan. Terdapat sejumlah alasan yang membuat mereka menunda rencana tersebut.

LG Tunda Rencana Jual iPhone di Toko Korea Selatan

 

Sebelumnya, LG berencana menjual beberapa produk Apple seperti iPhone, iPad dan Apple Watch di tokonya. Saat ini LG memiliki lebih dari 400 Best Shops di Korea Selatan yang akan memiliki banyak ruang kosong begitu mereka berhenti menjual ponsel.

Protes ini datang dari bisnis kecil dan menengah yang turut menjual ponsel. Pemerintah Korea Selatan memang memiliki kebijakan yang mencegah perusahaan besar seperti LG dan Samsung menjual produk pesaing di tokonya untuk melindungi peritel kecil.

Jika mereka melakukan itu, ada kekhawatiran ritel yang lebih besar bakal menarik pelanggan dari ritel yang lebih kecil. Keberlangsungan hidup ritel-ritel kecil juga cukup rentan, lantaran pandemi Covid-19.

Samsung juga akan menentang rencana LG untuk menjual iPhone di LG Best Shop, karena khawatir ketersediaan iPhone yang diperluas akan mengancam pangan pasar domestik ponsel 5G.

LG dilaporkan telah menghentikan pelatihan karyawannya yang bersiap untuk menjual produk Apple (termasuk iPad dan Apple Watch). Sayangnya, belum ada kejelasan mengenai apakah rencana ini dilanjutkan atau tidak setelah pandemi. Untuk saat ini, LG menyebut rencana ini sebagai penangguhan “ sementara”.

LG juga memiliki kekhawatiran tersendiri, Jika LG benar-benar menjual produk Apple, maka mereka akan kekurangan tenaga kerja dan kanal distribusi yang seharusnya dialokasikan untuk produk LG.

Selain itu, ada kekhawatiran bahwa penjualan ponsel akan mempengaruhi penjualan alat elektronik rumah tangga, apalagi alat rumah tangga pinta. Jadi kerugian di penjualan ponsel ditakutkan akan mempengaruhi bisnis lain.

Baca juga: LG Berhenti dari Bisnis Ponsel, Toko LG Akan Dipakai untuk Jual iPhone