Mengenal Kepulauan Cayman, Wilayah Surga Pajak

Lifepod.id - Kepulauan Cayman dikenal sebagai wilayah surga pajak. Nama Kepulauan ini muncul dalam Pandora Papers

Mengenal Kepulauan Cayman, Wilayah Surga Pajak
https://www.theguardian.com/

Kepulauan Cayman dikenal sebagai wilayah surga pajak. Nama Kepulauan ini muncul dalam Pandora Papers

Kepulauan Cayman adalah wilayah luar Britania Raya yang terletak di Laut Karibia. Kepulauan Cayman memiliki tiga pulau utama yaitu pulau Grand Cayman, Little Cayman, dan Cayman Brac yang terletak sekitar 290 km di barat laut Jamaika.

Sementara itu, Grand Cayman adalah pulau terbesar dan terdapat dengan panjang sekitar 35 km dan lebarnya 13 km. Sehingga luas wilayah Grand Cayman di Kepulauan Cayman mencapai 197 kilometer persegi.

Sedangkan Ibu Kota dari Kepulauan Cayman adalah George Town, di Grand Cayman. Kota ini merupakan pelabuhan kapal pesiar populer yang disinggahi hingga 22.000 turis setiap harinya. Pusat populasi utama berada di sini, yakni lebih dari setengahpopulasi tinggal di sini.

Ekonomi Kepulauan Cayman

Kemakmuran ini sebagian besar didukung oleh pariwisata dan industri perbankan yang dikenal secara internasional. Ekonomi Kepulauan Cayman tergantung pada sektor keuangan dan pariwisata. Di wilayah Karibia, Kepulauan Cayman memiliki pendapatan per kapita tertinggi.

Pemerintah pun berinvestasi secara besar-besaran dalam mempromosikan pariwisata, yang meningkat delapan kali lipat antara pertengahan 1970-an dan awal 1990-an.
Sejak saat itu sektor pariwisata bertumbuh pesat dikarenakan memiliki reputasi yang kuat untuk scuba diving. Sebagian besar visitor Kepulauan Cayman berasal dari AS.

Selain itu, sektor keuangan juga menjadi penopang utama perekonomian Kepulauan Cayman, dikenal sebagai pusat perbankan offshore karena tidak adanya pajak langsung dan UU perbankan liberal yang umumnya menjamin kerahasiaan transaksi. 


Penduduk Kepulauan Cayman

Seperlima penduduk Kepulauan Cayman adalah keturunan Eropa, terutama Inggris dan seperlima lainnya adalah orang kulit hitam, keturunan budak Afrika dan dua perlima adalah keturunan campuran Afrika dan Eropa. Sisanya keturunan campuran lain.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Liburan di Tangerang, Dekat dari Jakarta dan Hemat Budget!

Baca Juga : Potret Stasiun Itaewon yang disulap menjadi ‘Squid Game’