Tips Merawat Wajah untuk Para Pria

Lifepod.id Kamu para pria, jangan cuek sama wajahmu ya! Mulai rawat wajahmu dengan cara yang simple namun konsisten. Agar kulit wajahmu jadi lebih sehat, tampak awet muda.

Tips Merawat Wajah untuk Para Pria

Zaman sekarang bukan cuma wanita yang harus ngerawat kulit wajahnya, para pria pun juga harus merawat wajah. Apalagi sekarang sudah mulai wara wiri produk skincare untuk pria. First impression saat kamu ngelamar kerja, ketemu client atau first date penting banget kan, tapi kalau wajah kamu kusam, jerawatan, banyak komedo, duhh... gak banget kan!

Umumnya perawatan untuk pria lebih mudah dibandingkan dengan perawatan para wanita, karena para pria, wajahnya jarang terkontaminasi bahan kimia seperti riasan wajah. Meskipun begitu tetap tidak boleh sembarangan ya dalam memilih skincare agar tidak menimbulkan masalah di kulit nantinya.

Ada beberapa tips untuk para pria dalam merawat wajah yang perlu kamu ketahui :

  1. Kenali tipe kulit

Cara untuk mengetahui tipe kulit kamu adalah dengan mencuci muka kamu dengan air bersih, setelah itu tunggu satu jam dan kalian rasakan, apa kulit kalian terasa kering atau kesat, nah berarti tipe kulit kamu kering atau sensitive, sebaliknya kalau menjadi oily berarti wajah kamu tipe yang berminyak, atau bisa jadi kering dan berminyak.

 

  1. Mencuci muka

Setelah tau tipe kulit kamu, kamu bisa mulai membeli produk cuci wajah yang ada keterangannya sesuai tipe jenis kulit kamu. Jangan pakai sabun batang lagi ya! Hihi

 

  1. Menggunakan Toner

Nah, toner ini fungsinya untuk menyeimbangkan PH kulit, toner juga bisa untuk mengatasi berbagai masalah kulit, selain itu pemakaian toner untuk memaksimalkan pengunaan skincare.

Cara pemakaiannya juga gampang banget, bisa kamu tuangkan di kapas, atau bisa langsung tuangkan di tangan kamu secukupnya lalu di tepuk-tepuk di wajah kamu secara perlahan. Ada macam-macam jenis toner, kamu bisa mulai hunting di super market atau mini market terdekat ya!

 

  1. Menggunakan Sunscreen

Wah kalo ini penting banget, karena fungsinya sunscreen untuk melindungi wajah kamu dari UVA dan UVB yang masuk ke dalam rumah atau kantor, apalagi buat kamu yang kerjanya banyak di lapangan, sunscreen wajib banget buat kamu gunakan. Selain itu fungsi sunscreen untuk mencegah dari kanker kulit, flek hitam. Tapi, yang harus kamu pakai sunscreen khusus wajah ya bukan yang untuk badan, nanti wajah kamu malah jerawatan.

 

  1. Gunakan moisturizer atau pelembap wajah

Ini bisa kamu pakai di malam hari sebelum kamu tidur, kenapa malam hari? Karena pada malam hari kulit kita sedang regenerasi yang berlangsung di malam hari. Puncak regenerasi kulit tersebut biasanya terjadi antara jam 10 sampai jam 12 malam, di mana sel-sel kulit berganti dua kali lebih banyak di banding siang hari. Maka untuk bisa melakukan pembelahan sel, kulit wajah harus terjaga kelembapannya dengan menggunakan pelembab wajah. Karena jika kulitmu kering, regenerasi kulit ini akan terhambat. Dan fungsi dari pelembab wajah ini adalah untuk mengurangi kerutan dan membuat kamu jadi awet muda.

Jadi, itu lima tips simple untuk kamu para pria untuk merawat wajah. Dan jangan lupa untuk mengurangi makanan berminyak ya, perbanyak makanan sayur & buah, juga minum air putih secukupnya. Semoga sukses untuk menjadi makin ganteng ya! hihi