Windows 11 Kini Dukung File RAR Tanpa Aplikasi, Selamat Tinggal WinRAR!

Lifepod.id - Microsoft mengumumkan bahwa kamu yang menggunakan Windows 11 tidak perlu lagi install aplikasi pihak ketiga buat membuka atau mengekstrak file berformat RAR (.rar) seperti WinRAR. Pada update Windows 11 dalam waktu dekat, dokumen apapun dengan format RAR bisa diakses langsung dari bawaan.

Windows 11 Kini Dukung File RAR Tanpa Aplikasi, Selamat Tinggal WinRAR!
Foto: WinRAR

Microsoft mengumumkan bahwa kamu yang menggunakan Windows 11 tidak perlu lagi install aplikasi pihak ketiga buat membuka atau mengekstrak file berformat RAR (.rar) seperti WinRAR. 

Pada update Windows 11 dalam waktu dekat, dokumen apapun dengan format RAR bisa diakses tanpa install aplikasi tambahan apapun.

Sistem operasi baru ini juga akan memperluas dukungannya ke format kompresi file populer lainnya seperti ZIP, 7-Zip, tar, dan gz.

“Kami telah menambahkan dukungan asli untuk format arsip tambahan, termasuk tar, 7-zip, rar, gz, dan banyak lainnya menggunakan proyek sumber terbuka libarchive,” ucap Chief Product Officer Windows, Panos Panay.

Microsoft memang belum mengumumkan tanggal peluncuran resmi untuk fitur tersebut. Namun, mungkin saja fitur ini akan disisipkan pada big update Windows 11, mengingat bakal banyak fitur yang dijejalkan untuk sistem operasi ini.

Akhir Dominasi WinRAR Setelah 28 Tahun?

File RAR telah lama disukai karena kemampuan kompresi file yang efisien, menjadikannya ideal untuk berbagi file besar dan membuat cadangan. 

Namun, hingga saat ini, Windows tidak memiliki dukungan bawaan untuk format ini, sehingga memerlukan pengunduhan perangkat lunak tambahan.

WinRAR menjadi aplikasi andalan untuk mengompres ataupun mengekstrak file. Ada dua jenis versi WinRAR, yakni gratis dan berbayar. 

Kedua versi ini memiliki fitur yang sama dan lengkap. Bedanya, versi berbayar ditujukan untuk kebutuhan komersial yang lebih luas.

Dengan adanya dukungan file RAR dan format populer lainnya di Windows 11 yang akan datang, tidak menutup kemungkinan membuat WinRAR kalah saing karena kita akan memanfaatkan fitur bawaan yang sudah terpasang di Windows 11.

Sumber: [1][2]

Baca Berita dan Artikel yang lain :

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

abelino Content writer lifepod.id