Redmi 9 Vs Vivo Y30, Mana yang Lebih Unggul?

Lifepod.id - Xiaomi kembali meluncurkan smartphone terbarunya, Redmi 9, di pasar Indonesia. Pesaingnya, Vivo juga merilis Vivo Y30 pada bulan Mei lalu.

Redmi 9 Vs Vivo Y30, Mana yang Lebih Unggul?

Kali ini Xiaomi menargetkan kalangan mid-low untuk konsumennya, makanya harganya dibanderol cukup terjangkau. Ponsel Vivo Y30 juga bisa menjadi pilihan ponsel untuk low entry.

Dengan harga mulai Rp 1.7 juta, menjadikan harganya lebih murah daripada Vivo Y30 yang dijual sekitar Rp 2.4 jutaan untuk varian 4GB/128GB. Selisih harga ini bisa menjadi pertimbangan untuk memilih mana ponsel yang lebih terjangkau.

Sesama ponsel pintar empat kamera, Redmi 9 bisa dibilang harganya paling terjangkau saat ini dipasaran.

 

Perbandingan Ukuran Layar

Dibandingkan dari sisi desain, ukuran Redmi 9 lebih besar. Hal ini dipengaruhi oleh lebar layar karena ukuran ukuran layar Redmi juga lebar, yakni 6.53 inci, ketimbang Vivo hanya 6.47 inci.

Redmi dibekali resolusi layar yang memukau, yaitu full HD plus 2340 x 1080 dan telah dilindungi Corning Gorilla Glass.

Sedangkan Vivo mengusung HD plus 1560 x 720 dengan pelindung yang sama.


Kapasitas Penyimpanan

Vivo seakan tidak memberikan pilihan kepada calon pembelinya. Pasalnya mereka hanya menyediakan ROM dan RAM yang besar hanya RAM 4GB dan ROM 128GB, ini menjadikan pembeli harus merogoh kocek mahal.

Lebih variatif, Xiaomi justru membekali perangkatnya dengan RAM dan ROM yang beragam, mulai RAM 3GB dan ROM 32GB dan RAM 4GB dan ROM 64GB.

Jika hanya punya dana terbatas, dipastikan pengguna akan lebih memilih Xiaomi sebab bisa menyesuaikan dengan dana yang dimiliki.

Dengan spesifikasi yang lebih unggul daripada Vivo Y30, Redmi 9 digadang-gadang akan jadi primadona.


Kamera

Sama-sama punya empat kamera di bagian belakang, ternyata resolusi kameranya hanya beda tipis saja. Perbedaannya di salah satu kamera belakangnya, terletak pada sensor macro.

Resolusi pada lensa macro Redmi lebih unggul, yaitu 5MP daripada Vivo yang hanya 2 MP. Untuk kamera depan, resolusi depannya 8 MP. Selebihnya sama semua.


Baterai

Hanya beda tipis, Redmi memiliki kapasitas 5.020mAh sedangkan Vivo Y30 dengan baterai 5.000mAh.

 

Selengkapnya, bisa memperhatikan tabel perbandingan antara Redmi 9 dan Vivo Y30 ini.

spesifikasi redmi vivo

Sebagai pembeli, harus pintar-pintar memilih mana ponsel yang menguntungkan untuk dibeli. Pastikan jangan salah beli, ya.