Wisata Religi Goa Maria Blitar, Jawa Timur

Lifepod.id - Wisata religi Goa Maria merupakan tempat untuk berdoa bagi penganut agama Kristen. Selain itu di tempat ini juga terdapat mata air suci.

Wisata Religi Goa Maria Blitar, Jawa Timur

Air suci di Goa Maria merupakan sumber air yang sudab diberi doa-doa oleh Romo pengelola tempat wisata itu. Air suci itu dipercaya bisa menjadi tolak balak dan menyembuhkan penyakit. 

"Tergantung keyakinannya masing-masing. Kalau yakin sembuh setelah meminum air suci ya akan sembuh. Ada tempat mandinya juga di dekat sumber air suci," ujar Rudi penaga Gua Maria Sendangrejo


Lokasi 

Instagram: info_seputaran_blitar

Wisata Religi Goa Maria ini berada tepat di Ngadirejo, Kepanjenkidul, Sentul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur Sebelah utara Makam Bung Karno (MBK).


Sejarah 
Pada tahun 1983, Romo J, Bartels CM dan beberapa tokoh umat Katolik sedang mencari suatu lokasi yang cocok untuk membangun suatu tempat ziarah. Kemudian sampailah mereka di tepi sungai yang terletak di pinggiran desa Ngadirejo.

Disana rombongan itu bertemu dengan tiga orang anak yang sedang mencari kayu. Dua anak diantaranya sedang mencoba menyeberangi sungai dan disisi lain sang kakak tengah menunggu kedua adiknya menyebrang ditepian sungai sambil membawa seikat kayu.

Kejadian tersebut mengingatkan kisah Santa Bernadeth di Lourdes Prancis dan peristiwa tersebut seolah terulang di tempat ditemukannya sumber mata air di Sendangrejo.

Nama Sendangrejo dipilih karena di daerah tersebut terdapat sebuah mata air (sendang) yang tidak pernah kering meski di musim kemarau. Mata air tersebut juga telah banyak mengundang orang sakit yang percaya jika meminum atau membasuh air dari mata air tersebut akan sembuh. Semakin lama mata air tersebut tidak hanya bisa mengundang orang sakit yang mencari kesembuhan namun juga orang-orang menginginkan mujizat datang.

Instagram: catholic.photography

Akhirnya pada tahun 2004, dibangunlah rumah doa dan ibadat yang letaknya bersebelahan dengan gua Maria (diresmikan pada 15 Agustus 2005).

 

Baca juga: Berwisata Sekaligus Belajar Sejarah di Makam Bung Karno Blitar, Jawa Timur

Baca juga: Wisata Alam Keluarga: Agrowisata Belimbing Karangsari Blitar