123,8 Juta Wisatawan Diprediksi Mudik Lebaran 2023 , Termasuk Kamu?

Lifepod.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, memprediksi akan akan ada 123,8 juta wisatawan yang melakukan perjalanan saat libur Lebaran 2023. Apakah termasuk kamu dalam jumlah tersebut, GenLife?

123,8 Juta Wisatawan Diprediksi Mudik Lebaran 2023 , Termasuk Kamu?
Foto: Liputan6/Faizal Fanani

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa tahun ini diprediksi akan ada 123,8 juta wisatawan yang melakukan perjalanan saat libur Lebaran 2023. 

“Kami sudah menyiapkan beberapa paket wisata seperti desa wisata, hingga destinasi berbasis wisata religi bagi 123,8 juta wisatawan yang diprediksi akan melakukan perjalanan mudik tahun ini,” ucap Menparekraf.

Hal ini disampaikan menggelar Rapat Kerja antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Komisi X DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2023).  

Rapat Kerja tersebut membahas kesiapan dan antisipasi pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) saat libur Lebaran 2023.

Meningkatnya Pergerakan

Menparekraf juga menyebutkan, momen ini akan menjadi modal utama dalam pencapaian target mobilisasi wisnus yakni 1,4 miliar pergerakan pada tahun 2023. 

“Ini akan mampu menciptakan 2-3 kali pergerakan dari total pergerakan tersebut sehingga kami menargetkan 25 persen atau di angka 300-350 juta pergerakan dari target 1,4 miliar mobilitas wisatawan nusantara tahun ini akan tercapai,” jelasnya. 

Hal itu, lanjut dia, lantaran para pemudik tidak hanya bergerak dari tempat mereka bekerja ke kampung halaman, tapi juga saat di kampung halaman mereka akan berwisata, setelah itu sebagian besar kembali lagi ke Ibu Kota. 

“Jadi paling tidak ada minimal tiga kali pergerakan. Dan itu yang harus kita antisipasi agar libur lebaran 2023 ini bisa aman dan nyaman,” katanya.

Cegah Lonjakan Pemudik Tahun 2023

Dalam kesempatan terpisah, Sandiaga juga menginformasikan bahwa mudik Lebaran merupakan momen pergerakan wisnus terbesar dalam satu tahun atau sebagai the mother of all movement of domestic tourist. 

"Secara histori, pergerakan wisnus di liburan Lebaran dapat berkontribusi hingga 50 persen," ucapnya dalam Weekly Press Briefing, Senin (27/3/2023). 

Menyambut momen libur Lebaran 2023, Kemenparekraf bersama mitra telah melaksanakan kegiatan promosi. 

Antara lain memberikan diskon tiket pesawat maksimal Rp 150.000, promo untuk kamar hotel seharga Rp 99.000, serta diskon mencapai 50 persen untuk desa wisata, tiket masuk wisata, dan tur. 

"Desa wisata menjadi salah satu daya tarik bagi para pemudik yang melalui jalur lintas selatan, diantaranya Desa Wisata Pujon Kidul dan Desa Wisata Tamansari," kata dia

Dari 123,8 juta jumlah pemudik yang diprediksi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, apakah kamu menjadi salah satunya GenLife?

Sumber: [1]

Baca Berita dan Artikel yang lain :