6 Tips Agar Pelanggan Tertarik Membeli di Toko Onlinemu

<b>Lifepod.id</b> - Pandemi Covid-19 memberikan dampak hampir di seluruh sektor industri termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Maka dari itu untuk dapat bertahan para pengusaha UMKM perlu melakukan transformasi digital.

6 Tips Agar Pelanggan Tertarik Membeli di Toko Onlinemu
Foto: https://www.instagram.com/vanillahijab/

 

Tentu yang pertama yaitu mereka perlu menjual barangnya tidak hanya secara offline namun juga secara online baik di media social dan e-commerce. Menjual barang di e-commerce tentunya akan lebih banyak menarik pelanggan namun juga memiliki persaingan yang ketat dengan para penjual batrang sejenis lainnya.

Nah, untuk agar mampu bersaing dengan pedagang lain, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan toko onlinemu!

 

1. Tampilan Produk yang Menarik

Para pengusaha UMKM yang memperdagangkan usahanya di e-commerce perlu memastikan jika foto produknya tampil menarik. Tampilan produk yang diperjualkan di toko onlinemu ibarat etalase barang yang nantinya akan diseleksi oleh colon pembeli.

Selain tampilan produk yang menarik, deskripsi yang jelas dan variasi produkyang beragam juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pembeli. 

 

2. Layanan Pengiriman yang Lengkap

Salah satu layanan yang merik dari berjualan di platform digital yaitu pilihan pengirimannya yang beragam. Dengan begitu para pembeli juga dapat menyesuaikan harga dan estimasi waktu produk yang dibelinya.

Misalnya jika ada pembeli yang membeli produk makanan maka yang diperlukan tentu layanan pengiriman dengan waktu yang relatif cepat daripada hanya sekedar layanan pengiriman reguler.

 

3. Lakukan Promosi

Agar produk lebih dikenal oleh pelanggan, para pedagang UMKM juga bisa melakukan promosi produknya di media sosial dengan catatan saat melakukan transaksi lebih baik tetap di platform digital demi keamanan. 

 

4. Pelayanan Produk

Dengan memberikan layanan yang berkesan pada pelanggan, para pelaku UMKM bisa mendapatkan umpan balik berupa ulasan poitif dari pelanggan. Hal ini secara tidak langsung akan memupuk reputasi brand tersebut di platform online dimana ia dijual.

 

5. Kemasan Produk Menarik

Kemasan produk sangat penting diperhatikan bagi para pelaku UMKM. Hal ini karena kemasan produk menjadi salah satu kesan pertama yang paling menggoda.

Selain kemasan yang menarik, para pelaku UMKM juga bisa menambahkan kartu ucapan, stiker atau cerita di balik UMKM itu sendiri.

 

6. Berikan Potongan Harga

Potongan harga atau discount dapat diberikan ketika toko onlinemu merilis produk baru atau pada tanggal-tanggal di hari besar. Diskon membuat orang tertarik untuk membeli barang jualanmu.

 

Baca juga: Terapkan 5 Cara Ini untuk Meningkatkan Imun Tubuhmu!

Baca juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Reksadana Terbaik Menurut Lifepod.id