Ditanya Besaran Gaji saat Wawancara Kerja? Ini 5 Cara Tepat Menjawabnya!

Lifepod.id - Kalau kamu sudah pernah merasakan wawancara kerja, salah satu pertanyaan yang akan ditanyakan adalah berapa nominal gaji yang diharapkan. Apakah kamu tahu cara yang benar untuk menjawabnya?

Ditanya Besaran Gaji saat Wawancara Kerja? Ini 5 Cara Tepat Menjawabnya!

 

Ternyata masih banyak pelamar yang kebingungan bila dapat pertanyaan ini. Apakah patokan gaji yang diharapkan sudah sesuai? Bagaimana cara yang tepat menjawab agar kedua pihak tidak saling dirugikan?

Nah, menurut akun Twitter @hrdbacot, berikut terdapat beberapa tips menjawab pertanyaan mengenai gaji yang bisa kamu pahami!

 

1. Lakukan Riset Dahulu

Untuk menjawab pertanyaan ini pada saat interview, kamu tidak bisa sembarangan menargetkan angka tertentu. Sebaiknya, kamu sudah mempersiapkan dengan melakukan riset kisaran angka yang sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Kamu bisa memulai dengan mencari tau berapa nominal di daerah tersebut atau juga upah minimal perusahaan yang kamu tuju. Dengan begitu, kamu bisa mengira-ngira berapa gaji yang sesuai.

 

2. Berikan Angka Kirasan

Sebaiknya, jangan langsung "tembak" dengan mengungkapkan jumlah nominal angka yang pasti. Lebih baik untuk mengungkapkan pendapatan yang kamu harapkan dengan kisaran.

Mengapa begitu? Hal itu bertujuan agar pewawancara dapat memiliki pertimbangan dan mengetahui kemampuan kamu. Selain itu bila beruntung bisa jadi kamu malah berkesempatan dapat gaji diluar ekspektasi.

 

Baca juga: Kumpulan Pertanyaan HRD saat Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

 

3. Sesuaikan dengan Kemampuan

Kisaran upah yang kamu inginkan tentu harus sebanding dengan apa yang telah kamu lakukan, ya. Untuk lebih meyakinkan para perekrut pekerjaan, kamu bisa tunjukkan kemampuan serta hasil kerja kamu sebelumnya.

Nah, dengan begitu akan membuat pewawancara merasa angka yang kamu katakan itu adalah gaji yang wajar kamu dapatkan. Bisa juga dia malah memberikan angka lebih dari gaji yang kamu inginkan, ‘kan?


4. Tunjukkan Gaji Kamu Sebelumnya

Apabila kamu sudah berpengalaman dan bekerja sebelumnya, kamu bisa mencoba dengan menyebutkan gaji terakhirmu. Ini akan jadi pertimbangan recruiter menilai standar upahmu.


5. Kembalikan Pertanyaan pada Pewawancara

Alternatif cara lainnya bisa dengan mengatakan, “Untuk gaji, saya sesuaikan dengan standar eprusahaan. Saya percaya jika perusahaan akan memberikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan yang saya miliki.”


Sebelum memutuskan untuk mengatakan hal tersebut, kamu harus tahu dulu berapa anga rata-rata pendapatan di perusahaan tersebut agar kamu bisa membandingan upah yang diberikan.

Takutnya malah ini jadi boomerang untuk diri kamu sendiri dan membuat recruiter memberikanmu gaji seenaknya.

 

Baca juga: Hindari Pemakaian 10 Kata Ini di CV, Apa Saja?