Kalahkan GothamChess, Akun Pecatur Asal Indonesia ini Malah Diblokir

Lifepod.id - Ramai jadi perbincangan dimana seorang pemain catur internasional dengan akun GothamChess mengalami kekalahan dengan bapak-bapak asal Indonesia, yaitu Dewa_Kipas.

Kalahkan GothamChess, Akun Pecatur Asal Indonesia ini Malah Diblokir
Img. Seorang pecatur asal Indonesia yaitu Dadang Subur dengan akun Dewa_Kipas berhasil mengalahkan Levy Rozman alias GothamChess di chess.com | Pixabay

 

Siapa itu Dewa_Kipas dan GothamChess? Dan bagaimana kronologi lengkap kejadian ini?

Dadang Subur, seorang pria asal Indonesia dengan akun Dewa_Kipas berhasil memenangkan permainan catur melawan GothamChess alias Levy Rozman di Chess.com.

GothamChess memiliki pengikut dalam jumlah besar, mencapai 346.000 followers di Twitch. Pecatur asal Amerika Serikat itu menayangkan pertandingan di akunnya dan disaksikan secara langsung oleh ribuan penggemarnya. 

Setelah berhasil mengalahkan GothamChess dalam waktu 10 menit, akun Dadang Subur secara tiba-tiba terblokir.

Tak terima atas hal itu, Ali Akbar sang anak dari Dadang Subut lewat akun Facebook mengatakan jika akun ayahnya itu terblokir karena dilaporkan oleh penggemar GothamChess yang tidak terima dengan kekalahan Levy.

Penggemar dari GothamChess menuding Dewa_Kipas melakukan kecurangan dan mereka berakhir beramai-ramai melaporkan akun tersebut.

Usut punya usut ternyata Dadang merupakan mantan pecatur profesional. Untuk mendukung fakta ini, Ali mengunggah berbagai bukti seperti rekaman langkah-langkah catur yang ditulis Dadang sendiri dalam sebuah buku.

Kemudian ada foto Dadang saat tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) serta beberapa piagam penghargaan yang didapatkan oleh sang ayah.

Bermainnya Dadang di situ Chess.com tak lepas dari saran Ali sendiri. Tak jarang Dadang berhadapan dengan sejumlah pemain profesional lainnya.

Fakta unik lainnya, Gotham merupakan pemain dengan titel “International Master” yang memiliki ELO(rating pemain catur) 2.400 sedankan Dewa_KIpas sendiri punya ELO tak jauh beda, yaitu 2.300.

 

Baca juga: Wah! Listy Chan Jadi Pemain di Tim League of Legends: Wild Rift Milik Ericko Lim


Menyusul hal viral ini, Levy lewat akun Twitter resminya @GothamChess menghubung Ali. Ia juga menyertakan bukti percakapan dengan Ali di tweetnya.

“Saya sudah berbicara dengan Ali Akbar, anak dari pemilik akun Dewa_Kipas. Kami sepakat untuk mencari solusi yang positif. Kami akan melakukan pembicaraan lebih lanjut,” cuit Levy disana.

 

 

Di lain sisi, pihak Chess.com membatah jika telah melakukan pemblokiran akun Dewa_Kipas milih Dadang karena menerima laporan dari pengguna lain.
 

Baca juga: Viral! Eiger Komplain soal Video Review Youtube, Ini Klarifikasinya