Lonely Planet Nobatkan Raja Ampat Jadi Destinasi Wisata yang "Harus Dikunjungi”

Lifepod.id - Raja Ampat di Papua Barat dinobatkan sebagai “Must Visit Location” atau “Lokasi Yang Harus Dikunjungi” pada tahun 2023, sebagai “unwind destination” atau destinasi untuk rileks, mencari ketenangan dan kedamaian. Penghargaan ini disampaikan media global pariwisata "Lonely Planet" di London, Inggris pada 8 November lalu.

Lonely Planet Nobatkan Raja Ampat Jadi Destinasi Wisata yang "Harus Dikunjungi”
foto: google.com

Keindahan alam Indonesia tak hanya memukau bagi wisatawan dalam negeri. Pesona destinasi wisata nusantara juga sangat menarik bagi mata dunia sehingga salah satu destinasinya, yaitu Raja Ampat, dinobatkan sebagai destinasi yang wajib dikunjungi di dunia atau must visit location.

Raja Ampat di Papua Barat terpilih menjadi satu dari enam destinasi global dari seluruh dunia yang direkomendasikan sebagai destinasi yang harus dikunjungi atau must visit location pada 2023 sebagai 'unwind destination' dari Lonely Planet. Destinasi yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya itu terpilih sebagai destinasi untuk rileks, lari dari kesibukan, melepaskan penat dan gateway untuk mencari ketenangan dan kedamaian.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan penghargaan ini membawa harapan terhadap kebangkitan destinasi pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelas dunia. Penghargaan itu juga menjadi bukti bahwa tren global pariwisata ke depan telah berubah dari 3S lama, yaitu Sand, Sun and Sea menjadi 3S baru, yaitu Spirituality, Serenity and  Sustainability.

“Raja Ampat adalah salah satu contoh destinasi yang lengkap 3S barunya dan sebagai informasi, Arborek, Desa Wisata yang berhasil dikembangkan di wilayah ini merupakan proyek percontohan desa wisata yang sukses menjadi destinasi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Kamis, 17 November 2022.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini memgatakan terpilihnya Raja Ampat tak terlepas dari pesona coral reefs dan diving spot yang memukau. Suasananya yang less crowded juga menjadi alternatif pulau baru Indonesia bagi wisatawan mancanegara. 

“Kami berharap penghargaan ini membantu meningkatkan awareness masyarakat internasional akan Raja Ampat dan Indonesia, sekaligus memacu seluruh aktor pariwisata Indonesia untuk meningkatkan manajemen pengelolaan destinasi 3S baru dengan lebih giat lagi,” kata Marthini.

Pesona Raja Ampat

Raja Ampat memang mempesona hampir dari segala sisi. Ada Pulau Misool dan Waigeo yang selalu menjadi tujuan favorit wisatawan dalam dan luar negeri. Alam bawah lautnya mempesona dan asri dengan berbagai terumbu karang dan biota laut yang cantik.

Tebing Piaynemo, Teluk Kabui dan Wayag hampir tak pernah dilewatkan setiap wisatawan yang datang. Di darat, Raja Ampat memiliki desa wisata yang menarik dikunjungi dengan kekhasan budayanya. Ada juga hutan tropis yang menjadi tempat tinggal burung Cenderawasih. 

Penghargaan dari Lonely Planet ini menambah sederet penghargaan yang telah diterima Wonderful Indonesia sepanjang 2022. Sebelumnya, Bali menduduki ranking pertama 10 happiest holiday destinations in the world versi Club Med, Travel dan Tourism Operator berbasis di Prancis.

Adapun Lonely Planet merupakan media global pariwisata penyedia informasi terpercaya bagi para pelancong seluruh dunia, yaitu Lonely Planet’s Best in Travel Destinations for 2023. Selain Raja Ampat, destinasi lain yang meraih penghargaan kategori serupa adalah Halkidiki Yunani, Jamaica, Dominica, Malta dan Jordan.

 

Sumber : [1][2]

Cek Berita dan Artikel yang lain :