Main HP Saat Hujan Bisa Tersambar Petir, Fakta atau Mitos? Yuk, Temukan Jawabannya di Sini

Lifepod.id - Petir itu terjadi karena awan yang sarat bermuatan listrik negatif, tertarik dengan listrik positif di Bumi untuk segera menetralkan muatannya. Aliran listrik negatif dari awan ke Bumi ini yang kita kenal sebagai petir.

Main HP Saat Hujan Bisa Tersambar Petir, Fakta atau Mitos? Yuk, Temukan Jawabannya di Sini
Photo: pexels.com/johannes Plenio

 Main HP saat hujan bisa tersambar petir? Pertanyaan tersebut cukup sering di tengah masyarakat, dan responnya berbeda-beda.

Sebagian orang ada yang percaya bahwa main HP atau ponsel saat hujan bisa tersambar petir. Sebagian lagi berpendapat bahwa hal tersebut hanya sekedar mitos.

Lantas, seperti apa faktanya? Benarkah main HP saat hujan bisa tersambar petir? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Main HP saat Hujan Bisa Tersambar Petir?

Dikutip dari National Weather Service, Kamis, 28 Desember 2023, main HP saat hujan bisa tersambar petir tidak ada kaitannya.  

Spesialis keselamataan kilat National Weather Service, John Jensenius menyampaikan, petir tidak bisa menyambar smartphone dan hanya bisa menyambar kabel dan pagar saja.

Menurut riset yang dipublikasikan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), ada tiga faktor utama yang memengaruhi lokasi tempat petir akan menyerang.

Pertama, berkaitan dengan ketinggian. Kedua, merujuk pada bentuk runcing. Ketiga, soal isolasi yang menjadi faktor dominan sambaran petir. Dengan demikian, hal yang harus diperhatikan adalah lokasi serta memastikan diri berteduh di tempat yang aman.

Main HP saat Hujan Bisa Tersambar Petir Cuma Mitos

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa main HP saat hujan bisa tersambar petir hanyalah sebuah mitos.

Mitos ini muncul karena HP disejajarkan dengan telepon rumah konvensional yang masih menggunakan kabel. Melakukan panggilan dengan telepon rumah selama hujan petir tidak disarankan, sebab bisa membayakan pengguna.

Telepon rumah terhubung dengan kabel hingga keluar. Nah, petir dapat mengikuti kabel hingga ke telepon rumah dan dapat melukai orang yang menggunakan telepon rumah. Akan tetapi, proses menjalarnya telepon rumah tidak berlaku pada ponsel.

Ditegaskan Jhon Jensenius, petir bisa menyambar HP adalah sebuah kesalahpahaman.

Dia mengatakan, bila seseorang terkena petir dan membawa HP, HP tersebut akan meleleh atau terbakar. Kemudian, orang akan menjadikan HP sebagai penyebab sambaran petir. Padahal, keduanya tidak berhubungan.

Sedangkan,menurut Australian Mobile Technology Association (AMTA), HP atau ponsel merupakan perangkat dengan daya rendah dan tidak mempunyai karakteristik yang cukup mampu untuk menarik sambaran petir.

Kendati sebagian orang berasumsi bahwa HP memiliki risiko ketika digunakan di luar ruangan karena petir tertarik pada logam, jumlah logam di dalam ponsel tidak cukup untuk meningkatkan risiko tersambar petir.

Petir lebih berpotensi menyambar seseorang ketika berada di lokasi-lokasi tertentu, sepertu ruangan yang terbuka, area dengan tanah yang tinggi, area dekat air, Menara seluler atau bangunan logam besar lain,serta pohon.

Faktor lokasi pengguna berada itu lebih penting diperhatikan untuk keselamatan dari sambaran daripada faktor penggunaan ponsel.

Bolehkah Main HP saat Hujan Petir?

Main HP saat hujan disertai petir, tetap diperbolehkan. Hanya saja, pengguna perlu memperhatikan kondisi dan situasi sekitar.

Agar terhindar dari risiko sambaran petir, pengguna perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Ketika hujan petir, pengguna disarankan untuk tetap berada di dalam ruangan tertutup.
  • Selain itu, pastikan untuk menjauhi perangkat elektronik yang terhubung ke Listrik.
  • Bila berada di luar ruangan, pengguna disarankan untuk menjauhi area atau tempat yang berpotensi terkena sambaran petir, seperti area dengan tanah tinggi, area pohon, dan menara logam besar seperti menara seluler.

Sumber : [1][2]

Cek Berita dan Artikel yang lain :