Mudahnya Daftar PTS dengan Aplikasi goKampus


Lifepod.id - Di era digital pada masa ini memberikan banyak kemudahan di dalamnya. Seperti saat ini untuk mendaftar menjadi mahasiswa di universitas negeri maupun swasta dapat dilakukan secara online lewat smartphone dari manapun.

Dengan aplikasi goKampus yang telah dirilis calon mahasiswa tidak perlu lagi repot mendaftar ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS), hal ini tentunya lebih efektif untuk dilakukan.

Dengan fitur instant Approval di aplikasi goKampus, calon mahasiswa dapat memilih ingin mendaftar ke PTS pilihannya dengan hanya mengunggah foto nilai rapor yang kemudian hasilnya akan diumumkan dalam hitungan menit secara gratis.

"Untuk pertama kalinya di Indonesia, calon mahasiswa bisa mendaftar ke ratusan universitas swasta hanya lewat satu aplikasi pendaftaran saja di goKampus,” Nathanael Santoso selaku CEO goKampus.

Aplikasi ini sendiri telah tersedia di Android juga iOS, goKampus sendiri juga telah menyediakan fitur bagi mahasiswa yang ingin berkuliah dengan beasiswa. 

Selain itu di alikasi goKampus juga menyediakan banyak tips sukses menjelang Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan diikuti 636.586 calon mahasiswa melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020. 

Berikut beberapa tips sukses menjelang UTBK :

1. Pahami seluk beluk UTBK
Para calon mahasiswa tentunya sudah tau bahwa UTBK tahun ini hanya akan mengujikan Tes Potensi Skolastik (TPS) saja, sehingga tidak perlu lagi menyiapkan diri untuk Tes Kompetensi Akademik (TKA) karena tidak akan diujikan.

Terdapat 4 sub tes di TPS yaitu penalaran umum, pemahaman bacaan, pengetahuan umum, dan pengetahuan kuantitatif.Nantinya akan ada sekitar 20 persen soal yang menggunakan bahasa Inggris.

Untuk durasinya sendiri ada sedikit pengurangan dari tahun lalu yang durasinya 120 menit dengan 80 soal sekarang menjadi 105 menit namun jumlah soalnya juga akan dikurangi meskipun belum ada pengumuman pastinya.

2. Rutin latihan
Dengan banyak latihan kita akan lebih terbiasa dan memahami pola-pola soal yang nantinya akan keluar di UTBK

"Sering-sering latihan soal. Ulik soal dari tahun terlama sampai yang terbaru,” ungkap Zanira Fachri, mahasiswi Universitas Indonesia angkatan 2015, yang ditanyai goKampus.

Salah satu mahasiswi ITB angkatan 2016, Naomi Maria Neysa juga memberi saran untuk memasang target passing grade ketika kita berlatih atau mengerjakan latihan soal.

”Setelah mengetahui jurusan mana yang menjadi target utama, segera pasang target nilai minimum (passing grade) berdasarkan hasil SBMPTN tahun sebelumnya. Perlu fokus belajar dan mengurangi porsi kegiatan lain, seperti main game atau nonton film.” ucapnya.

3. Jaga kondisi kita agar tetap fit saat UTBK
Mahasiswa IPB angkatan 2015, Rachmah Pristiana,  mengingatkan kepada calon peserta UTBK untuk menjaga kondisi badan.

"Jangan begadang di hari-hari sebelumnya agar fisik saat mengerjakan tes bisa fokus dan tidak drop,” ujarnya.
Peserta juga sebaiknya tiba di lokasi ujian minimal satu jam sebelum tes."Dan yang terpenting, adalah selalu berdoa," lanjut Rachmah.

4. Siapkan rencana B
Tidak semua peserta UTBK diterima di pilihan PTN favoritnya, fakta menunjukkan bahwa hanya 33 persen saja peserta UTBK yang diterima di PTN yang mereka pilih. Dari hal ini menunjukkan bahwa sebanyak 77 persen peserta lainnya tidak diterima di PTN yang telah mereka pilih.

Jika sebagai calon mahasiswa dirasa tidak memungkinkan untuk masuk PTN di tahun berikutnya lagi, maka langkah terbaik yang bisa diambil adalah menentukan PTS mana yang sesuai dengan pilihan dan harapan masing.masing calon. 

"Menurut saya, yang lebih penting itu adalah peminatan jurusan kita, tidak hanya semata lulus di PTN. Karena takutnya kuliah jadi tidak maksimal bila tidak sesuai dengan passion. Dan di swasta juga banyak yang bagus dari segi jurusan," kata Rachmah.

Jangan memandang rendah dan buruk pada PTS karena dalam beberapa tahun terakhir banyak PTS yang sedang naik daun dan mampu menghasilkan lulusan berkualitas internasional. Bahkan dari data peringkat universitas dunia dari QS World University Ranking 2021 menunjukkan bahwa 23 persen dari jajaran universitas terbaik Indonesia adalah PTS.