Pengguna Clubhouse Bisa Dapat Penghasilan, Bagaimana Caranya?

Lifepod.id - Platform berbasis audio-chat Clubhouse membuka opsi monetisasi untuk para kreator. Uniknya bukan dengan iklan. Lantas, dengan cara apa?

Pengguna Clubhouse Bisa Dapat Penghasilan, Bagaimana Caranya?
Img. Kreator di platform Clubhouse bisa dapatkan uang dari fitur monetisasi terbaru | Unsplash/Erin Kwon

Clubhouse akan meluncurkan fitur pembayaran sehingga memungkinkan para pelaku kreator bisa mendapat penghasilan. Selain itu, Clubhouse menyebut pihaknya tak akan mengambil keuntungan dari sana.

“Melalui fitur ini, semua pengguna layanan Clubhouse dapat mengirim sejumlah uang kepada kreator konten,” tulis Clubhouse dikutip dari Reuters, Selasa (06/04/2021).

Uji coba fitur terbaru ini akan dibuat dalam pengguna tertentu skala kecil terlebih dahulu pada pekan ini, baru nantinya diperluas kepada pengguna lainnya.

Kreator harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Pengguna yang ingin mengikuti obrolan harus menekan ‘kirim uang’ dan memasukkan sejumlah nominal disana.

Fitur ‘kirim uang’ layaknya memberikan tip secara virtual. “100% pembayaran akan masuk ke kreator konten,” kata Paul Davison, salah satu pendiri Clubhouse.

Paul mengaku, perusahaan yang berbasis di Oakland, Amerika Serikat memang sedang menyiapkan cara monetisasi dalam platform tersebut dengan dengan iklan.

Ada rencana untuk menggunakan metode berlangganan, membeli tiket, hingga pemberian tip dari penggemar seperti tombol ‘kirim uang’ ini. 

“Ada banyak orang hebat yang pintar, lucu, ahli di bidangnya, hebat untuk menyatukan orang. Dan yang kami inginkan membiarkan mereka hidup dari Clubhouse dengan berlangganan dan tiket acara atau mendapatkan tip dari pendengar yang senang membayar langsung untuk pengalaman yang dibuat,” kata Paul.

Clubhouse memilih cara ini sebab tidak perlu membagikan data pengguna kepada pengiklan atau broker.

Untuk metode pembayarannya Clubhouse bekerja sama dengan mitra Stripe. Pengguna yang mengirim uang akan dikenai biaya pemrosesan.

Aplikasi Clubhouse sempat menjadi perbincangan publik beberapa waktu yang lalu setelah disebut oleh CEO Tesla, Elon Musk.
 

Baca juga: Mengenal Clubhouse, Aplikasi yang Populer Karena Elon Musk