Rekomendasi K-Drama Berhubungan dengan Kesehatan Mental (Part 1)

Lifepod.id - Tidak hanya membahas masalah asmara, saat ini banyak K-Drama yang mengangkat tema kesehatan mental. Lewat serial drama, kamu juga bisa belajar banyak pengetahuan tentang kesehatan, lho!

Rekomendasi K-Drama Berhubungan dengan Kesehatan Mental (Part 1)
Image by soompi.com

 

Saat ini, penulis naskah dan pembuat film berusaha lebih keras untuk menyadarkan masalah ini dan menunjukkan berbagai jenis penyakit yang termasuk dalam kesehatan mental.

Jika kamu sedang mencari beberapa K-Drama yang berhubungan dengan kesehatan mental, berikut 5 Drama Korea di antaranya (dilansir dari Soompi) : 

 

1. It’s Okay To Not Be Okay

Moon Kang Tae (Kim Soo Hyun) bekerja sebagai pengasuh di rumah sakit jiwa. Dia bertemu dengan seorang wanita bernama Go Moon Young (Seo Ye Ji) yang menulis buku anak-anak gelap, dan dia sangat menyukainya

Dia bertekad untuk memenangkan hati Kang Tae, tapi Kang Tae tidak bisa diganggu dengan asmara dan hubungan karena dia setia merawat kakak laki-lakinya Moon Sang Tae (Oh Jung Se) yang autis.

“It’s Okay To Not Be Okay” adalah serial yang benar-benar membahas masalah kesehatan mental dan berbagai jenis penyakit mental. Banyak karakter yang menghadapi semacam trauma yang menyebabkan mereka mengalami tekanan emosional saat dewasa.

Dengan bersandar pada satu sama lain, mereka dapat memahami satu sama lain dan menangani masalah masing-masing.

 

2. It’s Okay, That’s Love

Dalam “It’s Okay, That’s Love,” Jo In Sung berperan sebagai penulis megastar Jang Jae Yeol, yang bertemu dengan Ji Hae Soo yang diperankan oleh Gong Hyo Jin. 

Mereka saling tidak suka satu sama lain, tetapi ketika Hae Soo mengetahui bahwa pemilik rumah yang dia sewa dan tinggali adalah milik Jae Yeol, dia harus menahan perasaan arogannya. Terlepas dari kebencian satu sama lain, keduanya perlahan menyadari bahwa mereka memiliki kecocokan dan ini menjadi titik puncak dalam hubungan mereka.

Ini adalah salah satu seri paling berkesan yang berhubungan dengan kesehatan dan penyembuhan mental. Ketika Jang Jae Yeol, seorang penulis terkenal jagoan, terlihat berjuang dengan penyakit mental yang serius, para penontonnya dapat belas kasih kepadanya. 

Dia adalah salah satu pemeran utama pria pertama dalam sebuah K-drama yang menderita skizofrenia.

 

3. Kill Me Heal Me

"Kill Me Heal Me" adalah tentang seorang pria kaya bernama Cha Do Hyun (Ji Sung) yang berjuang dengan gangguan kepribadian ganda sebagai akibat dari pengalaman traumatis yang dia alami sebagai seorang anak. Lebih spesifiknya, ia memiliki tujuh kepribadian. Ia  jatuh cinta dengan pemeran utama wanita, Oh Ri Jin (Hwang Jung Eum).

Serial ini melakukan pekerjaan yang baik tidak hanya mengungkap penyakit mental yang dialami Cha Do Hyun, tetapi melakukannya dengan cara yang menyenangkan dan lucu. Meski topiknya cukup serius, karakter Cha Do Hyun menunjukkan kekuatan dan ketekunan dalam menghadapi permasalahannya. Dia bersedia mencari tahu apa akar penyakitnya dan mencoba mencari cara untuk memperbaikinya.

 

4. SKY Castle

"SKY Castle" adalah K-drama yang mengambil latar di lingkungan yang disebut SKY Castle di mana ada empat keluarga yang bersedia melakukan apapun dengan biaya berapapun untuk memastikan bahwa anak-anak mereka masuk ke universitas terbaik. 

Pemerannya antara lain Yum Jung Ah, Lee Tae Ran, Yoon Se Ah, Oh Na Ra, serta beberapa wajah baru yang popularitasnya meroket akibat kesuksesan serial ini.

Salah satu hal terbaik tentang "SKY Castle" adalah kesadaran dan perhatian yang diberikan kepada siswa yang menghadapi tekanan karena harus berprestasi secara akademis, terutama di Korea Selatan. Dorongan terus-menerus agar siswa bekerja keras dan berhasil dapat menyebabkan mereka mengalami gangguan dan depresi. 


5. Fix You

Lee Si Joon (Shin Ha Kyun) adalah seorang psikiater yang mencoba menyembuhkan pasiennya dengan berbagai cara. Dia bertemu Han Woo Joo (Jung So Min), seorang aktris musikal dengan masalah yang menyebabkan dia mengalami gangguan emosional. Lee Si Joon bersedia bekerja dengannya untuk membantunya sembuh.

Cinta dan dedikasi yang dimiliki Lee Si Joon untuk Woo Joo sangat mengharukan. Dia membantunya mengatasi masalah Woo Joo dengan penuh kesabaran. Bahkan saat dia sedang emosional dan tidak stabil.

Dengan kesetiaan dan cinta ini, Woo Joo dapat menemukan kekuatan untuk menghadapi kegagalannya dan menemukan kesembuhan dalam cintanya pada Si Joon.