10 Tips Diet, Cocok Buat Orang Malas

Lifepod.id - Selain untuk menjaga penampilanmu agar tetap proporsional, ternyata diet juga bisa berperan untuk detoksasi bagi tubuh. 

10 Tips Diet, Cocok Buat Orang Malas
Image by Tribunnews.com

 

Nah di bawah adalah tips diet buat kamu yang malas dengan pola diet yang terlalu mengekang dan terlalu banyak aturan: 

 

1. Perhatikan Makananmu

Jika sebelumnya  kamu terbiasa dengan porsi makan yang banyak dalam satu waktu maka mulai sekarang cobalah untuk makan lebih sering namun dalam porsi yang sedikit.

Saat kamu makan hindari kegiatan seperti makan sambil bekerja, menonton, berbicara di telepon atau hal lainnya. Ini dilakukan agar kamu lebih bisa merasakan rasa kenyang ketika makan. Selain itu kunyahlah makananmu sampai lembut untuk memudahkan proses pencernaanmu. 

 

2. Gunakan piring kecil dan sumpit saat makanan

Untuk kamu yang terbiasa  makan dengan porsi besar mungkin akan merasa kurang kenyang jika harus mengurangi porsi makanmu. Maka dari itu saat makan gunakan piring yang kecil. Hal ini akan mempengaruhi pikiranmu dan membuatmu berpikir jika porsi makanmu sama saja.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan sumpit agar makanmu terasa lambat, dengan begitu kamu juga bisa merasa kenyang dengan porsi makanan yang sedikit. Selain sumpit kamu juga bisa menggunakan sendok kecil atau tiga jarimu untuk makan.

 

3. Minum Air Putih dengan Cukup 

Untuk membantu metabolisme sebaiknya kamu minum 1-2 gelas air sebelum makan. Dengan Trik seperti ini maka kamu akan merasa lebih cepat kenyang karena sebelumnya kamu sudah meminum air sebelum makan.

 

4. Tidur Dalam Ruangan Dingin

Tidur dalam keadaan ruangan yang dingin selain dapat membuatmu tidur lebih nyenyak, juga bisa membantu membakar kalori lebih banyak. Ini terjadi karena saat dingin tubuhmu akan berusaha mempertahankan kehangatannya dengan cara membakar kalori yang ada di tubuhmu.

 

5. Tidur Lebih Banyak

Jangan salah lho, ternyata tidur lebih banyak juga bisa membantu dalam proses diet yang sedang kamu jalani. Ini karena saat tubuhmu tertidur setidaknya ia akan membakar 50-100 kalori per jamnya. Enakkan?

 

6. Makan Makanan yang Bisa Membakar Lemak

Beberapa makanan seperti salmon, telur, kacang-kacangan (tidak digoreng), minyak zaitun, dan teh hijau ternyata dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga kamu tidak perlu untuk menghentikan konsumsi harian kamu.

 

7. Menghirup Aroma Pengurang Nafsu Makan

Studi menunjukkan bahwa menghirup aroma minyak zaitun murni, bawang putih, adas, jeruk bali, apel hijau dan pisang peppermint ternyata akan berpengaruh untuk mengurangi nafsu makanmu.

 

8. Kamu Masih Boleh Makan Coklat dan Kukis

Jika kamu terbiasa untuk mengkonsumsi coklat atu kukis maka saat diet kamu tidak perlu menghilangkan kebiasaan itu namun yang perlu dilakukan yaitu mengurangi porsi coklat atau kukis yang biasanya kamu makan.

Hal ini dilakukan agar kamu tidak stress atau tertekan karena dapat mengakibatkan hormonmu tidak seimbang dan malah membuat nafsu makanmu meningkat. Kamu bisa makan 1-2 buah kukis di pagi hari sehingga pada siangnya kamu dapat membakar kalori tersebut ketika beraktivitas.

 

9. Sikat Gigi

Sikat gigimu 30 menit setelah makan karena setelah sikat gigi maka akan tertinggal rasa mentol di mulutmu. Ini akan membuat rasa makanan yang kamu makan tidak begitu enak, sehingga kamu malas untuk makan lagi dan lagi.

 

10. Banyak Tertawa

Saat tertawa kamu mengeluarkan 20% lebih banyak energi daripada biasanya. Selain itu saat tertawa otot perut juga bekerja. Hal ini sama saja seperti kamu sedang berolahraga namun begitu menyenangkan bukan?

 

Nah diatas adalah 10 tips diet untuk orang yang malas. Meskipun begitu tetap lakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya untuk menyempurnakan hasil dietmu ya. 

 

Baca Juga : Berat Badan Naik? Ini 5 Karbohidrat Bantu Turunkan Berat Badan

Baca Juga : Cari Pengganti Brown Sugar? Ini 6 Bahan Alternatifnya!