4 Langkah Cegah Stres atau Burnout Karena Pekerjaan

<b> Lifepod.id </b> - Banyak faktor yang menyebabkan orang merasa tertekan dan burnout, salah satunya dari pekerjaan. Terlebih jika pekerjaan itu menumpuk dan belum terselesaikan, bisa saja membuat orang merasa terbebani.

4 Langkah Cegah Stres atau Burnout Karena Pekerjaan
Img. Ilustrasi |

 

Kebiasaan menumpuk pekerjaan dan baru mengerjakan saat dekat deadline tidak dianjurkan untuk dilakukan. Hal tersebut bisa memicu terjadinya burnout.

Burnout adalah istilah untuk menggambarkan kondisi lelah secara emosional, fisik, atau mental akibat yang stres berlebihan. Orang yang mengalami burnout akan merasa energi terkuras terus menerus, kewalahan memenuhi kewajiban, hingga berujung hilang minat dan motivasi.

Tanda-tanda seseorang mengalami burnout:

  • Pekerjaan yang tidak jelas, menuntut, monoton, dan tidak ada tantangan.
  • Overworked, bekerja berlebihan sehingga tidak punya waktu bersantai.
  • Lingkungan kerja yang tak mendukung.
  • Merasa under pressure.
  • Kurang tidur dan istirahat.

Lantas bagaimana untuk mencegah sindrom burnout tersebut? Berikut Lifepod rangkumkan informasinya!

1. Buat To Do List

Pernahkah kamu merasa bingung saat menyelesaikan pekerjaan? Mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu mana yang tidak?

Saat memiliki banyak pekerjaan sekaligus bisa saja muncul perasaan bingung untuk menyelesaikan tugas yang mana dulu. Kamu bisa mencegahnya dengan membuat to-do-list.

Daftar pekerjaan membuat kamu bisa lebih fokus dan terorganisir untuk menyelesaikan tugasmu.

Dengan mengurutkan pekerjaan sesuai kebutuhan, yang lebih penting diselesaikan hingga yang tidak terburu-buru harus selesai, bisa membuatmu lebih tertata untuk menyelesaikan pekerjaan.

 

2. Cari suasana yang baru

Nah, untuk menghindari perasaan jenuh dengan suasana yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba untuk berada di tempat baru. Bisa memilih cafe, study cafe, atau perpustakaan.

Luangkan waktu untuk menikmati liburan tanpa diganggu oleh pekerjaan. Suasana yang tenang membantumu untuk menjernihkan pikiran.

 

Baca juga: Ingin Harimu Lebih Produktif? Lakukan 5 Langkah Berikut di Pagi Hari!


3. Istirahat yang cukup

Penting untuk memastikan fisik dalam kondisi yang prima. Tubuh membutuhkan tidur yang cukup untuk mengatur ulang fungsi-fungsi tubuh. Tidur juga berpengaruh untuk kesehatan mental. lho.

Keadaan fisik berpengaruh juga dengan kinerja kamu. Saat tubuh dalam kondisi lelah, pasti tidak bisa mengerjakan secara maksimal.

Jadi, pastikan untuk memiliki waktu istirahat dan tidur yang cukup, setidaknya 7-9 jam dalam sehari setiap malamnya.

 

4. Work Life balance

Hidup tidak selalu tentang bekerja saja, tentunya kamu juga memiliki kehidupan di luar kantor. Atas dasar itu, penting untukmu memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sosialmu.

Usahakan untuk menyelesaikan tugasmu di waktu yang ditentukan. Dengan begitu, kamu tidak akan memiliki banyak pekerjaan dan bisa menyisihkan waktu untuk beristirahat.


Baca juga: Yuk, Lakukan 5 Cara Alami untuk Detoks Tubuh secara Aman!