5 Sumber Makanan Protein Tinggi yang Cocok untuk Diet

Lifepod.id - Protein sangat penting dalam proses diet yang membantu untuk menurunkan berat badan, terutama lemak perut sekaligus membentuk masa otot tubuh.

5 Sumber Makanan Protein Tinggi yang Cocok untuk Diet
Img. Rekomendasi makanan yang tinggi protein dan cocok dikonsumsi untuk diet menurunkan berat badan | Pixabay

 


Selain itu, mengkonsumsi makanan yang tinggi protein bisa membantu kamu untuk kenyang lebih lama sekaligus menekan nafsu makan berlebih. 

Melakukan diet dibarengi dengan mencukupi kebutuhan protein di dalam tubuh juga dapat menurunkan tekanan darah, melawan diabetes, dan banyak lainnya.

Ingin tahu makanan apa saja yang memiliki kandungan protein tinggi dan cocok dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan? Simak 5 rekomendasi berikut ini!

 

1. Telur

Telur yang baik untuk diet menurunkan berat badan

Salah satu makanan yang kaya akan protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat adalah telur. Terlebih telur ini mudah ditemukan dimana-mana dan harganya terjangkau.

Dalam satu butir telur, mengandung sebesar 5 gram protein dan 78 kalori. Protein paling tinggi terkandung pada bagian putihnya.


2. Dada Ayam

Dada ayam mengandung protein yang tinggi

Bagian dari ayam yang mengandung protein yang tinggi. Tak hanya itu, dalam dada ayam juga terdapat vitamin B6 dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Dalam satu bagian dada ayam tanpa kulit seberat 172 gram, mengandung sebanyak 54 gram protein dan 284 kalori saja.

Karena total kandungan protein ioni melebihi jumlah lemak yang menjadikan dada ayam menjadi populer dikonsumsi untuk mendukung pola diet sehat. 

 

Baca juga: Begini Pola Makan Menguntungkan Kesehatan dan Lingkungan 'Planet Based Diet'


3. Olahan berbahan dasar kedelai

Kedelai merupakan bahan olahan dari tempe, tahu, dan susu kedelai yang tinggi protein

Bahan makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai ternyata mengandung protein yang baik untuk tubuh, lho. 

Dalam bahan tersebut mengandung berbagai macam kandungan penting, seperti protein, asam amino, vitamin, dan mineral,

 

4. Susu dan produk olahan dari susu

Susu merupakan olahan yang mengandung protein yang baik untuk tubuh

Susu adalah minuman dengan banyak nutrisi tunggal yang dibutuhkan oleh manusia, mulai dari kalsium, fosfor, dan vitamin B2.

Kandungan protein pada susu menyimpan takaran 21% dari total kalori. Dalam satu cangkir kopi terdiri dari 8 gram protein dan 149 kalori.

Tetap saja kita tidak bisa sembarangan mengkonsumsi susu, ya. Kamu bisa memilih produk susu yang rendah lemak.

Nah, alternatif lainnya yang bisa dikonsumsi adalah produk olahan susu yang meliputi yoghurt, keju, dan lain-lain. Contohnya dalam yogurt yunani seberat 170 gram menyimpan 17 gram protein dan 100 kalori.

 

5. Oat

Olat adalah olahan kaya serat dengan kandungan yang baik untuk tubuh

Tidak asing dengan olahan makanan itu? Yap, oat adalah makanan yang mengandung serat yang sehat untuk tubuh, berbagai vitamin, dan nutrisi lainnya.

Olahan dari sumber biji-bijian ini juga mengandung protein yang tinggi sekitar 11-17% pada oat kering atau sebelum diolah. 

Agar lebih variatif, kamu bisa mengolah oat menjadi berbagai macam makanan seperti overnight oatmeal hingga pancake oatmeal.

Meskipun begitu, kita juga harus tetap memperhatikan cara mengolah dari bahan-bahan tersebut agar protein dan kandungan lain bisa terserap tubuh secara maksimal.

Lebih baik untuk mengolah bahan tersebut dengan cara direbus, dikukus, maupun dipanggang dan menghindari digoreng dengan minyak. Bisa juga memilih untuk menggunakan olive oil agar tetap sehat.


Baca juga: Jaga Imunitas Tubuh? 8 Makanan dengan Vitamin D yang Tinggi