Berani Coba? 5 Makanan Ekstrem Khas Indonesia

Lifepod.id Indonesia adalah negara yang memiliki banyak hidangan kuliner yang menggoyangkan lidah. Dari beragam kuliner yang ada di Indonesia, negara kita ini juga punya hidangan kuliner yang ekstrem lho! Mari disimak, kira-kira kamu berani coba gak?

Berani Coba? 5 Makanan Ekstrem Khas Indonesia
Ulat Sagu / trubusnews.id

Indonesia punya banyak sekali makanan khas di setiap daerah. Bahkan salah satu makanan khas Sumatera Barat, yaitu Rendang menduduki peringkat pertama dalam World's 50 Delicious Food, menurut survei dari CNN Internasional pada 2011. Selain enak, dan juga unik, hidangan kuliner di Indonesia ada juga lho yang terbuat dari bahan ekstrem. Simak apa saja makanan itu, dan berani coba gak nih kamu?

  1. Belalang Goreng

Rasanya yang gurih dan renyah, membuat banyak orang ketagihan dengan belalang goreng. Mungkin di daerah lain, belalang bukanlah hewan yang lazim untuk diolah menjadi sebuah makanan yang lezat. Tapi untuk masyarakat Gunungkidul, makanan ekstrem ini dijadikan lauk makanan. Belalang yang diolah adalah jenis belalang kayu. Belalang ini banyak hidup di dahan pohon jati dan semak yang banyak tumbuh di kawasan Gunungkidul.

  1. Sate Biawak

Kamu tau kan biawak? Apa jadinya ya kalau di jadikan sebagai makanan? Ekstrem banget ya. Tapi hewan satu ini dijadikan sate oleh masyarakat Pantura dan menjadi salah satu makanan khas bantaran sungai Cimanuk Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Sate biawak ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit asma, dan berbagai infeksi kulit.

  1. Tikus Panggang

Kuliner ekstrem lainnya berasal dari Sulawesi Utara. Bagi sebagian orang tikus adalah hewan yang menjijikan, tapi untuk masyarakat Minahasa tikus ini sebagai makanan yang lezat, menurut mereka rasanya seperti daging ayam. Tikus yang digunakan bukan yang tinggal di saluran pembuangan melainkan kebun. Jadi, tikus tersebut hanya memakan rumput dan biji-bijian. Untuk memastikannya, kalian dapat melihat dari ekor tikus kebun yang berwarna putih. Gimana mau icip-icip?

  1. Ulat Sagu

Ini adalah makanan tradisionalnya masyarakat papua. Ulat sagu  berasal dari pohon sagu yang potong-potong dan dibiarkan membusuk. Mereka akan membelah terlebih dahulu batang tersebut untuk mendapatkan ulat sagu. Bentuknya cukup bikin gemas karena berwarna putih dan gemuk. Tapi, mau kamu coba makan?

  1. Paniki Santan atau Kelelawar Santan

Makanan khas Sulawesi Selatan ini “horror” banget, kamu bayangin aja kelelawar di santenin. Gimana ya? Tapi buat masyarakat Sulawesi Selatan makanan, menjadi makanan yang khas dan enak, cara pengolahannya dimasak dengan rempah-rempah khas Indonesia dan juga santan. Jadi tidak terlalu keliatan kalau itu sebenarnya Kelelawar deh. Tapi tetap saja ya, bagi yang tak terbiasa pasti merasa “horror” untuk makan Paniki santan ini.

 

 Baca juga : 5 Fakta Se’i Sapi, Makanan Khas NTT yang Viral dan Bikin Nagih