Canggih! iPhone dengan Konektor USB Type C Ditawar Lebih Dari IDR 1,4 M

Lifepod.id - Seorang mahasiswa teknik robotika dari Swiss Federal Institute of Technology, Ken Pillonel, berhasil mengganti konektor Lightning di iPhone X miliknya menjadi USB-C. Smartphone Apple hasil modifikasi tersebut diklaim sebagai “iPhone USB-C pertama di dunia” sedang dilelang di eBay dengan bid tertinggi saat ini mencapai sekitar 1,4 M rupiah.

Canggih! iPhone dengan Konektor USB Type C Ditawar Lebih Dari IDR 1,4 M

MacBook dan iPad sudah beralih menggunakan konektor USB-C, Namun Apple masih ngotot memakai port Lightning untuk ponsel iPhone buatannya, hingga iPhone 13 yang merupakan generasi terbaru tahun ini. Oktober lalu, seorang mahasiswa teknik robotika dari Swiss Federal Institute of Technology, Ken Pillonel, berhasil mengganti konektor Lightning di iPhone X miliknya menjadi USB-C.

Smartphone Apple hasil modifikasi tersebut diklaim sebagai “iPhone USB-C pertama di dunia” sedang dilelang di eBay. Dilansir dari laman eBay, hingga Jumat (5/11) sudah ada 173 orang yang tertarik produk tersebut, dengan bid tertinggi saat ini mencapai $100,100.00 atau sekitar 1,4 M rupiah. Proses lelang masih berlangsung dan akan berakhir pada 11 November nanti. Penawar harga tertinggi akan membawa pulang iPhone X USB-C (64 GB) hasil modifikasi tersebut.

Meski Pillonel menyarankan pengguna yang berhasil membawa pulang iPhone X itu agar tidak melakukan restore, update, atau reset data terhadap perangkat tersebut, ternyata ponsel ini tetap menarik minat banyak orang. 

Saya jamin ponsel ponsel ini akan berfungsi ketika Anda menerimanya, tetapi jika Anda tidak mengikuti panduan yang saya berikan, saya tidak bertanggung jawab (atas kerusakan), ” kata Pillonel dalam laman deskripsi lelang. Pillonel juga menyarankan pembeli iPhone X ini tidak menggunakan perangkat tersebut sebagai ponsel sehari-hari alias daily driver.

Bisa  untuk mengisi baterai dan transfer data

Sebelumnya, Pillonel merilis sebuah video singkat berdurasi 40 detik yang menunjukkan proses modifikasi iPhone X dengan konektor Lightning menjadi USB-C. Pillonel terlihat menggunakan alat khusus untuk merombak bagian port Lightning di iPhone X miliknya. Teknis pemasangan hingga proses perakitan komponen bodi belakang ponsel juga diperlihatkan secara singkat.

Setelah semua tahapan selesai, Pillonel kemudian mencoba untuk mengisi daya ponsel melalui port USB-C. Hasilnya, proses pengisian daya baterai pun bisa dilakukan. Bahkan, ketika iPhone X itu dicolokkan ke laptop, proses transfer data melalui port USB-C juga berhasil dilakukan.

Proyek yang dilakukan Pillonel bisa dilakukan siapa saja asal tahu dan mengerti prosesnya. Datanya sendiri  bisa dilihat di GitHub repository yang bisa diakses di tautan berikut.

Baca Juga :