Waspada! BMKG Prediksi DKI Jakarta Diguyur Hujan Lebat

Lifepod.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan jika DKI Jakarta masih berpotensi diguyur hujan intensitas lebat hingga Kamis(25/02) mendatang.

Waspada! BMKG Prediksi DKI Jakarta Diguyur Hujan Lebat

Atas hal ini warga masih dihimbau untuk tetap waspada dan berjaga-jaga terhadap potensi banjir yang bisa saja terjadi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan jika intensitas hujan cenderung melemah hingga 22 Februari ini dan akan kembali meningkat dengan intensitas sedang hingga tinggi pada 23 hingga 24 Februari.

“Jadi, masih perlu peningkatan kewaspadaan potensi hujan lebat yang dapat berpotensi memicu banjir dan longsor di Wilayah DKI Jakarta pada hari Selasa dan Rabu (23-24/02/2021),” ujarnya.

Menanggapi hal ini Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan jika pihaknya saat ini telah bersiap seperti tahun-tahun kemarin untuk mengatasi kebanjiran.

“Kami sudah bersiaga selama persiapan tahun-tahun kemarin,” ujar Anies kepada awak media di pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan(21/02).

Sementara itu, terkait penanganan banjir Jakarta sejak Sabtu (20/02) kemarin, Plt. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, menyebut banjir untuk wilayah Jakarta telah surut seluruhnya pada Sabtu malam sekitar pukul 21.30 WIB.

“Hari Minggu(21/02) pukul 09.00, sebagian besar wilayah telah surut. Secara keseluruhan ada 49 RT yang masih terdampak dari total 30.470 RT yang ada di Jakarta, atau sejumlah 0,161 persen.

Jumlah pengungsi sebanyak 1.722 jiwa dari 514 KK, semuanya dari wilayah Jakarta Timur. Dan masih ada 10 lokasi pengungsian yang juga disiapkan di wilayah Jakarta Timur.” ungkap Sabdo.

 

Baca juga: Tolak Divaksin, Warga di Jakarta akan Kena Denda Rp5 Juta