Pesona Pantai Kaliantan, Surga Tersembunyi di Lombok Timur

Lifepod.id - Berbicara tentang keindahan pantai yang ada di Lombok memang tidak akan pernah ada habisnya. Tidak banyak yang tahu bahwa Lombok mempunyai satu pantai yang tidak kalah indah, yaitu Pantai Kaliantan.

Pesona Pantai Kaliantan, Surga Tersembunyi di Lombok Timur
Img. Potret Pantai Kaliantan yang berada di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat |

 

Pantai yang dikenal dengan nama Pantai Kaliantan, yang berlokasi di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Yang berjarak sekitar 72 km dari pusat kota Mataram. 

Pantai ini memiliki karakteristik yang cukup unik, yaitu tekstur pasir pantai yang kasar dan menyerupai butiran merica. Hamparan pasir putihnya menambah keindahan panorama pantai yang begitu mempesona. Serta warna air yang jernih serta kebiruan berpadu sempurna dengan pasir putih.

Dikawasan Pantai Kaliantan terdapat padang rumput yang membentang luas serta beberapa bukit. Untuk menikmati panorama pantai atau sunset yang menakjubkan, kamu bisa naik ke atas bukit.

Pantai ini dikenal sebagai pantai yang bersih dan tenang, berada di bawah perbukitan yang cukup jauh dari pusat aktifitas harian membuatnya sangat cocok untuk liburan.

Pantai ini menjadi tempat momen paling sakral di Lombok, Sekali dalam setahun terkadang lokasi pantai ini dipilih untuk melakukan kegiatan Tradisi Bau Nyale. Tradisi ini biasanya berlangsung antara bulan Februari hingga Maret. Saat acara berlangsung, pantai ini biasanya akan ramai oleh pengunjung.

Tidak adanya aktifitas nelayan ataupun para petani rumput laut bahkan aktifitas sehari-hari tidak terlihat, pantai ini sangat jauh dari sentuhan masyarakat setempat namun hal menarik yang bisa kamu temukan adalah pantainya yang luas dipagari oleh tebing-tebing yang indah mengitari hingga telu-teluk kecil yang berliuk mengikuti arah ombak menepi.

Untuk masuk ke kawasan pantai ini belum dikenakan biaya tiket masuk. Selain itu, belum terdapat fasilitas yang memadai seperti toilet, warung makan atau penginapan.

Jadi, jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini, sebaiknya bersiap membawa bekal makanan atau minuman sendiri dan membawa keperluan lain jauh-jauh hari dari rumah. Selamat berlibur!

 

Baca juga: Kemewahan Nihi Sumba, Resort Eksklusif Kelas Dunia di NTT