Fakta-fakta Menarik Sirkuit Mandalika

Lifepod.id Masyarakat Indonesia harus berbangga karena memiliki Sirkuit Mandalika yang bertaraf Internasional. Sirkuit Mandalika juga menyajikan pesona indah perbukitan dan pantai di kawasan Lombok, yang akan memanjakan mata para pengunjung dan peserta nantinya. Yuk, simak fakta-fakta menarik dari Sirkuit Mandalika.

Fakta-fakta Menarik Sirkuit Mandalika
Penampakan Sirkuit Mandalika, Lombok setelah proses pengecatan. Foto: tangkapan layar di akun Facebook milik Gubernur NTB Zulkieflimansyah

World Superbike (WSBK) 2021 akan segera dilaksanakan pada 19 November 2021 di Indonesia tepatnya di Sirkuit kebanggaan Indonesia, Sirkuit Mandalika. Selain World Superbike, Sirkuit Mandalika akan menjadi tempat perhelatan MotoGP di tahun 2022. Sirkuit Mandalika ini memiliki fakta-fakta menarik yang patut kita ketahui. 

Dilansir Lifepod dari postingan Instagram @kemenparekraf.ri pada Jumat (5/11/2021), berikut sederet fakta-fakta menarik tersebut. Simak selengkapnya! 

Rehat Selama 24 Tahun

Indonesia kembali menggelar balap motor bergengsi setelah 24 tahun lamanya. Setelah perhelatan sebelumnya dilaksanakan pada tahun 1997. Kini dengan lintasan sepanjang 4,31km Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah dalam perhelatan World Superbike (WSBK) dan MotoGP. 

Pit Building 

Pit Building di Sirkuit Mandalika ini 100% terbuat dari produk Indonesia dan menariknya pit building dibuat non permanen seperti sirkut kelas dunia.  Pembangunan pit building sepenuhnya memakai produk modular dalam negeri yang dikerjakan dalam waktu 1,5 bulan. 

Konsep Berbeda 

Dyan Dilato, Head of Operations - Sporting Mandalika Grand Prix Association, memaparkan bahwa inner dan outer road di Sirkuit Mandalika bisa diakses oleh publik untuk beraktivitas ketika sedang tidak digunakan. Akan tetapi bukan di trek utamanya.

Surga Dunia Lombok

Sirkuit Mandalika terletak di kawasan wisata dan surga dunia Lombok. Artinya, selain menonton adu balap Otolovers juga bisa liburan dengan menikmati keindahan alam. Ada beberapa destinasi wisata unggulan yang patut dikunjungi, seperti Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Kuta Mandalika.

Baca Juga :