Worth to Try! Kuliner Jogja Kekinian, Cocok untuk Oleh-oleh

Lifepod.id -Kini bertebaran kuliner Jogja yang hanya dapat dinikmati ketika kamu travelling ke Jogja. Datang ke Jogja harus menikmati gudeg dan bakpia. Namun ada alternatif kuliner yang kali ini generasi milenia dan generasi Z pasti suka.

Worth to Try! Kuliner Jogja Kekinian, Cocok untuk Oleh-oleh

Kuliner Jogja populer ini selain enak dinikmati bersama teman maupun keluarga, juga cocok sebagai buah tangan pulang ke rumah. Beberapa kuliner Jogja kekinian bahkan dijadikan jastip karena tidak buka cabang di kota lain. Apa aja sih kulinernya, simak ya!

1. Roti Gembong Jogja

Image : Jogjaaja.com

Roti Gembong Jogja saat ini merupakan kuliner Jogja yang sedang populer. Meski camilan ini merupakan makanan khas keluarga kerajaan di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, namun kini camilan ini dapat dinikmati di Jogja.

Roti ini memiliki penampakan roti sobek dengan tekstur yang jauh lebih lembut dan halus. Tidak kalah dengan roti ala Jepang yang hits di kalangan kawula muda.

Di bagian tengah roti terdapat belahan yang dapt diisi sesuai dengan rasa yang diinginkan pelanggan. Sekilas info, rasa favorit roti gembong Jogja adalah ovomaltine, cappuccino, tiramisu, red velvet, oreo, green tea dan abon.

2. Swasana Resto Jogja

Image : instagram.com/@swasanabytemata

Swasana Resto Jogja satu ini merupakan lokasi makan dan hang out middle to high class di Jogja.

Resto ini menyajikan makanan asia dan timur tengah yang luar biasa dengan suasana cozy. Cocok untuk kamu yang ingin menikmati bersama pasangan, kolega maupun keluarga besar. 

Menu andalan Swasana Resto Jogja adalah nasi mandhee dujaj, shaksouka, nasi briyani, mandhee laham dan seafood ala Swasana.

3. Tempo Gelato

Seperti namanya, Tempo Gelato menawarkan gelato dan sorbet aneka rasa yang memanjakan lidah.

Terdapat 60 rasa gelato dan sorbet yang tersedia di Tempo Gelato, mulai dari rasa standar seperti coklat, oreo, vanila, blueberry, strawberry, coffee, snickers, nutella hingga rasa unik seperti kemangi, krokante, lemongrass(serai), apple green, mango cheese, dan dragon fruit.

Ada beberapa outlet Tempo Gelato yang dapat kamu kunjungi, yaitu di Jl. Prawirotaman, Jl. Taman Siswa dan Jl. Kaliurang.

4. Sate Ratu Jogja

Image : tripadvisor.co.id

Sate Ratu Jogja adalah ratunya sate karena pernah memenangkan Juara Nasional Ngulik Rasa 2019 dari Unilever dan Trip Advisor Traveller’s Choice Award 2020.

Ada beberapa varian sate yang dapat kamu nikmati. Ada sate merah, sate lilit basah, ceker tugel dan sate kanak. Sate ini berbahan dasar daging ayam.

Uniknya sate merah tidak hanya menyediakan bumbu kacang atau kecap karena diolesi bumbu khas berkali-kali saat di bakar di pemanggang.

Sampai saat ini sudah ada wisatawan dari 85 negara yang datang berkunjung dan menikmati sate ratu. Resto yang berlokasi di Jalan Sidomukti, Tiyosan, Condong Catur, Sleman ini buka dari Senin-Sabtu pukul 11.00-21.00 WIB.

5. Tengkleng Gajah Jogja

Tidak seperti tengkleng Solo, Tengkleng Gajah Jogja memiliki citarasa dan penampakan yang berbeda. Diolah dari daging kambing pilihan selama 3 jam, porsi tengkleng gajah bisa dibilang jumbo.

Menu tengkleng gajah juga bervariasi mulai dari sate, sate goreng, tongseng, tengkleng gajah goreng, tengkleng gajah sambal bawang, nasi goreng kambing dan gule kambing.

Kuliner jogja kekinian ini tak cukup untuk dinikmati hanya di Yogyakarta. Beberapa wisatawan bahkan nekad membawanya sebagai oleh-oleh kembali ke tempat asal. Selamat mencoba!

Baca Juga :