Kiat Mulai Berkarier di Industri Teknologi ala Karyawan Tokopedia

Lifepod.id - Industri teknologi tidak hanya tentang pemrograman atau coding, saja lho. Kamu yang datang dari latar belakang pengalaman non-tech juga berkesempatan berkarir di bidang ini. Memangnya bagaimana caranya membangun karier di perusahaan teknologi dan apa saja yang perlu disiapkan ?

Kiat Mulai Berkarier di Industri Teknologi ala Karyawan Tokopedia

Tenang, Sobat. Lifepod Media sudah siapkan berbagai tips berkarier di industri teknologi, simak selengkapnya ya!

1 | Pahami Minat dan Bakat diri kamu

Para karyawan Tokopedia membagikan sejumlah kiat bagi siswa sekolah menengah atas atau mahasiswa yang tertarik untuk memulai dan menjalani tahun pertama berkarier di industri teknologi. Data Scientist Tokopedia – Ifta Jihan Nabila berpendapat bahwa langkah pertama yang perlu dilakukan ialah mengetahui terlebih dahulu minat dan bakat pada diri sendiri mengingat terdapat banyak sub-bidang teknologi informasi (TI) yang tersedia di dunia karier.

2 | Pahami berbagai disiplin utama di industri teknologi

Software Engineer (Engineering Productivity) – Web Platform Tokopedia Audrey Datau dalam webinar Tokopedia Academy yang diikuti secara virtual, Kamis menyampaikan pentingnya untuk melakukan riset sebelum menentukan fokus bidang yang ingin digeluti.

“Karena nggak cuma programming, nggak cuma data, tapi ada yang lain, misalnya UI/UX, product manager, dan sebagainya. Setelah riset mungkin bisa diketahui, nih, kegemarannya lebih ke bidang yang mana. Kemudian baru bisa mulai dulu, belajarnya bisa dari mana saja,” 

Seperti Audrey sebutkan di atas, industri ini tidak hanya soal skill IT, namun juga ragam latar.

Berikut disiplin utama yang dibutuhkan oleh perusahaan–perusahaan tech :

  • Web development
  • Mobile development
  • Product management
  • Data analytics
  • UI/UX design
  • Digital marketing

3 | Dapatkan ilmunya

Saat ini sudah banyak fasilitas daring atau kursus daring yang bisa dimanfaatkan oleh siapa pun untuk mempelajari bidang TI. Selain itu, berbagai kesempatan lain juga bisa diikuti untuk mengembangkan keterampilan individu.

Kamu bisa belajar berbagai skill professional yang dibutuhkan di perusahaan-perusahaan tech dengan:

  • Belajar otodidak dari sumber-sumber eksternal
  • Kuliah dengan jurusan yang relevan
  • Bergabung dalam suatu proyek
  • Mengikuti lomba, bootcamp, hingga magang (internship)

Bekerja di industri TI, menurut Data Scientist Tokopedia -Faldi Sulistiawan, membutuhkan adaptasi yang cepat terhadap perubahan teknologi serta adaptasi terhadap budaya perusahaan.

“Jangan takut sama perubahan. Kalau kita cuma stuck di satu bidang saja itu seperti menutup diri sendiri karena bisnis di Tokopedia itu banyak dan ada potensi teman-teman bisa dimasukkan di mana saja,” katanya.

Selain itu menurut Faldi, diperlukan pula keterampilan berkomunikasi sesuai target audiens dan budaya perusahaan agar ide yang disampaikan dapat dipahami dan menjadi riil. Sebagai contoh, seorang data scientist, perlu mengumpulkan dan menganalisis data, membangun banyak sistem dan automasi, serta membagikannya kepada perusahaan sehingga keterampilan komunikasi juga menjadi poin penting dalam berkarier.

Industri ini terbuka lebar untuk semua orang dengan beragam latar dan pengalaman, so jangan jangan ragu untuk mencobanya, ya Sobat Lifepod!

Baca Juga :