Manfaat Pakai Bra untuk Kesehatan

Lifepod.id - Tak pakai bra saat tidur memang sudah terbukti manfaatnya, bahkan hal ini menjadi kebiasaan bagi mayoritas wanita. Menggunakan bra saat tidur bisa membuat dada menjadi sesak,alhasil tidur pun menjadi tak nyaman. Tapi bagaimana jika tak pakai bra seharian? Ini penjelasannya.

Manfaat Pakai Bra untuk Kesehatan

Beberapa wanita merasa tak nyaman jika hanya dirumah saja namun mengenakan bra. Alhasil beberapa wanita memutuskan untuk tidak pakai bra saat dirumah saja. Namun yang perlu diperhatikan ternyata jika tanpa bra setiap hari juga ada efek samping kesehatannya lho. 

Kabar beredar jika tak pakai bra akan membuat payudara kendur, namun hal tersebut adalah mitos belaka. Dikutip dari Skeptical Inquirer, tidak pakai BH seharian tidak membuat wanita terhindar dari payudara kendur. Faktor payudara mengendur adalah karena penuaan dan gaya hidup yang tidak sehat. Sebut saja, merokok, minum minuman beralkohol, dan tidak rutin berolahraga.

Manfaat Memakai Bra

Memakai bra adalah salah satu cara untuk merawat dan menjaga kesehatan payudara. Mengutip dari Humanitas University, bra bisa mencegah masalah tulang belakang, sakit punggung, dan memperbaiki postur tubuh.

Hal ini karena dengan mengenakan bar yang sesuai ukuran mampu mempertahankan postur dan posisi kelenjar susu dan otot dada pada tempatnya.
 
Memakai bra setiap hari tidak memberi efek kanker payudara

Mitos lain yang beredar yaitu terlalu sering memakai bra akan meningkatkan risiko kanker payudara padahal American Cancer Society membantah hal tersebut. Mengutip dari situs resminya, masih belum ada penelitian yang mampu memhubungkan antara pemakaian bra dengan risiko kanker payudara dan kelenjar getah bening.

Cancer Epidemiol Biomarkers melakukan penelitian pada 469 wanita yang sudah menopause, pada rentang usia 55-74 tahun.Hasilnya, ukuran lingkar dada pada bra, cup, dan penggunaan bra sehari-hari tidak berhubungan dengan karsinoma duktal dan karsinoma lobular yang termasuk ke dalam jenis kanker payudara.

Baca Juga : Kendala tangani masalah kesehatan mental di Indonesia

Baca Juga : Hermes Gelar Catwalk Paris Fashion Week Eksklusif di Hanggar Bandara