Roro Istiati, Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika

<b>Lifepod.id</b> - Kemunculan pawang hujan pada MotoGP menarik banyak perhatian. Saat Sirkuit Mandalika hujan, Raden Roro Istiati Wulandari muncul agar hujan berhenti turun.

Roro Istiati, Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika
Image: instagram/@rara_cahayatarotindigo

  Roro Istiati atau yang kerap dipanggil Mbak Rara merupakan seorang pawang hujan yang dipekerjakan untuk MotoGP Mandalika 2022. Tugasnya yaitu membantu meredakan hujan. Saat sirkuit diguyur hujan, laga  MotoGP ini ditunda hingga satu jam 15 menit.

  Sang pawang hujan ini beraksi dengan memegang mangkuk emas lalu berputar-putar serta memukul mangkuk tersebut dengan pengaduknya. Ia juga merapalkan doa ketika melakukan aksinya di pinggir sirkuit. Proses ini ia lakukan selama setengah jam.

  Aksi Rara membuat para pembalap terhibur. Salah satunya ada pembalap Yamaha, Fabio Quartararo yang mengikuti aksi Rara. Aksi Rara ini juga diabadikan dalam video dan diunggah di akun Twitter resmi MotoGP.

  Rara lahir di Papua pada 22 Oktober 1983. Meski lahir di Papua, ia adalah seorang penganut kejawen berdarah Jawa dan tinggal di Bali. Rara sudah lama mempelajari ilmu menjadi ‘pawang hujan’, diketahui ia sudah belajar sejak usianya sembilan tahun.

  Sebelum acara Mandalika, Rara sudah banyak menjadi pawang hujan di acara-acara besar nasional lainnya seperti pembukaan pada Asian Games 2018, kampanye Jokowi,dll. Rara datang memang diminta secara khusus oleh pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Selain itu, berdasarkan informasi yang beredar, Rara mendapat bayaran mencapai tiga digit/ratusan juta untuk 21 hari kerja.



Baca juga: