Tips untuk Mencegah Penuaan pada Kulit Wajah yang Bisa Kamu Lakukan dirumah

Lifepod.id Penuaan wajah bisa terjadi karena pola hidup yang kurang sehat, atau penggunaan perawatan wajah yang tidak tepat. Kalau tanda-tanda penuaan sudah mulai terlihat di wajah kamu, kamu gak perlu kuatir, coba tips ala rumahan ini untuk menghilangkan kerutan di wajahmu.

Tips untuk Mencegah Penuaan pada Kulit Wajah yang Bisa Kamu Lakukan dirumah
SHUTTERSTOCK/VLADIMIR GJORGIEV

Penuaan pada kulit adalah hal yang tidak bisa kita hindari. Semakin bertambahnya usia maka akan terjadinya proses penuaan pada kulit wanita maupun pria.

Menurut Jurnal Dermato-Endocrinology mengungkapkan, penuaan kulit adalah bagian alami manusia yang terjadi karena perubahan berbagai organ, jaringan, dan sel seiring waktu.

Penuaan kulit umumnya bisa dilihat jelas dibagian area sekitar mata.

Tapi, don’t worry ya, kamu bisa kok mencegahnya dengan perawatan kulit ya tepat.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kerutan diwajah dan umumnya minim efek samping.

1. Kualitas Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup ternyata membantu kulit tetap elastis dan lebih kecil kemungkinannya untuk muncul keriput.

“Ketika Anda tidak cukup tidur, tubuh memproduksi kortisol berlebih, hormon yang memecah sel kulit. Istirahat yang cukup menghasilkan lebih banyak HGH atau hormon pertumbuhan manusia untuk menjaga kesehatan kulit,” ungkap Dr. Yale Nicholas Perricone, ahli kulit, dikutip dari laman WebMD.

Selain itu, tidurlah tanpa menggunakan bantal. Mengapa? Karena kebiasaan menggunakan bantal yang di tempelkan pada salah satu sisi wajah bantal, memungkinkan kamu memiliki kerutan karena adanya tekanan di bantal sepanjang malam.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

"Minyak zaitun mengandung antioksidan yang memerangi kerusakan akibat radikal bebas dan terdapat kandungan squalene, yang sangat melembapkan," ujar Paul Lorenc, MD, ahli kulit di Manhattan, New York.

Bagaimana cara penggunaannya? Kamu bisa melakukannya sebelum tidur dengan meneteskan minyak zaitun secukupnya di tangan, lalu usapkan ke wajahmu, dan pijat perlahan.

3. Menggunakan Putih Telur

Putih telur mengandung albumin yang sifatnya mampu menyempitkan pembuluh darah dipermukaan kulit. Selain itu, putih telur juga mengandung vitamin E yang bekerja untuk meremajakan kulit.

Cara penggunaannya, pertama kamu pisahkan antara kuning telur dan putih telur, setelah itu kamu kocok putih telurnya sampai berbusa. Kemudian, kamu oleskan putih telur itu ke wajah kamu menggunakan kuas, dengan mengarah ke bagian atas. Diamkan selama 15-20 menit, terakhir bilas dengan air hangat sampai bersih.

4. Menggunakan Lidah Buaya

Masker lidah buaya juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan kerutan di wajah. Manfaat dari masker lidah buaya ini untuk mengunci kelembapan di dalam kulit, menghaluskan dan melembutkan kulit.

5. Konsumsi Probiotik dan Yogurt

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik secara teratur, seperti yang ditemukan dalam yoghurt atau dijual sebagai suplemen, dapat mengurangi munculnya kerutan dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Sementara dalam penelitian oleh Wageningen Academic Publisher yang dilakukan pada manusia, para peneliti telah memperhatikan penerapan probiotik pada kulit membantu membuatnya lebih kuat melawan stresor seperti sinar matahari.

Dengan konsumsi yang cukup dan tak berlebihan, Moms dapat merasakan manfaat hebat dari yoghurt sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan kerutan di wajah. Kamu tertarik untuk mencobanya?

 

Sumber: Orami

Baca Juga: