Rahasia Agar Teh Racikan  jadi Tambah Nikmat

Lifepod.id - Teh menjadi minuman yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat karena rasanya yang ringan dan proses pembuatannya yang mudah. Tidak hanya itu ternyata teh juga menyimpan banyak kandungan baik yang bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Rahasia Agar Teh Racikan  jadi Tambah Nikmat

Meskipun cara penyajiannya mudah namun masih ada beberapa orang yang belum mengetahui bagaimana caranya agar teh racikan buatan sendiri terasa lebih nikmat. Simak caranya dibawah :

Kualitas dan temperatur air
Air menjadi salah satu elemen utama yang sangat penting saat meracik teh. Air dengan kadar garam dan mineral yang tinggi akan mempengaruhi rasa dan kemurnian teh yang diseduh. Perlu diketahui jika temperatur air juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Sebaiknya gunakan air pada temperatur 80-90oC untuk menyeduh teh.


Penyimpanan teh
Agar kualitas teh tetap terjaga kita perlu memperhatikan cara dan tempat penyimpanan teh yang baik. Sebaiknya teh tidak disimpan dilemari pendingin atau tempat yang lembab. Ini untuk menghindari agar teh  tidak mudah berjamur. Sebaliknya, tidak dibenarkan juga menyimpan teh di tempat yang panas dan langsung terkena sinar matahari.

Suhu yang panas dapat menguapkan aroma dan menurunkan kadar teh. Jangan juga menaruh teh di dekat benda yang memiliki aroma tajam karena teh memiliki sifat menyerap bau. Aroma teh akan hilang dan akan kalah dengan aroma lainnya.

 Waktu penyimpanan teh
Teh alami tanpa pengawet memiliki waktu simpan yang tidak lama saat sudah diseduh berkisar antara 6 sampai dengan 8 jam. Setelah lewat  itu kenikmatan teh pun akan berkurang. Berkurangnya kenikmatan teh ini biasanya ditandai dengan perubahan warna teh yang menjadi lebih keruh dan aroma teh yang memudar.

Bahan campuran teh
Sebagian orang suka menyeduh teh murni dan sebagian lainnya menyukai menyeduh teh dengan tambahan bahan campuran untuk menambah rasa manis.

Gula yang baik untuk campuran teh adalah gula tebu yang murni dan bukan pemanis buatan karena penggunaan pemanis buatan akan sangat berpengaruh pada mutu dan kualitas teh yang disajikan. Tidak hanya itu kita juga bisa menambahkan bahan campuran lain seperti perasan jeruk lemon murni, susu dan madu.

Baca Juga : Waspada 5 Kesalahan Minum Kopi Ini Bisa Bikin Cepat Tua

Baca Juga : Dara Cantik Asal Lampung Barat Juara I Duta Kopi Indonesia 2021