Urusan Belanja, Ternyata Laki-laki di Jakarta Selatan Jadi Paling Royal Se-Indonesia

Lifepod.id - Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Jumat, 5 Maret menyebutkan jika pengeluaran laki-laki di kawasan Jakarta Selatan sepanjang 2020 menjadi yang paling tinggi di Indonesia, dengan catatan Rp27,3 juta per tahun untuk setiap orang.

Urusan Belanja, Ternyata Laki-laki di Jakarta Selatan Jadi Paling Royal Se-Indonesia

 

Namun, besaran tersebut menurun jika dibandingkan dengan tahun  2019 yang sebesar Rp27,6 juta. Penurunan angka pengeluaran tahunan tersebut diperkirakan karena faktor pandemi.

Selanjutnya untuk perringkat kedua ditempati oleh Kota Batam dengan Rp26,4 juta yang juga turun dari posisi 2019 sebesar Rp26,5 juta.

Untuk urutan ketiga ditempati oleh kota Jakarta Utara dengan Rp26 juta per tahun per kapita yang juga lebih rendah dari 2019 sebesar Rp26,3 juta.

Sementara itu, untuk pengeluaran terendah laki-laki per kapita tahunan pada 2020 ditempati oleh Kabupaten Nduga, Papua sebesar Rp3,4 juta yang disusul Lanny Jaya Rp4,5 juta dan Mamberamo Tengah Rp4,6 juta yang sama-sama terletak di tanah Papua.

Untuk gender perempuan pengeluaran terbanyak juga terjadi di Jakarta Selatan dengan catatan Rp23,0 juta pada 2020 dan Rp23,2 juta pada 2019. Selanjutnya Jakarta Barat Rp19,3 juta dan Jakarta Utara Rp18,0 juta.

 

Baca juga: Viral Aksi Pemotor Terobos Jalur Khusus Busway, Ini Respon TransJakarta

 

Saat jumpa pers pada Februari lalu, kepala BPS Suhariyanti mengatakan 89,4 persen PDB 2020 berasal dari konsumsi rumah tangga dan investasi.

Disebutkan juga jika pengeluaran konsumsi rumah yangga terkontraksi minus 2,63 persen. Ini terlihat dari pertumbuhan negatif penjualan sepeda motor yang mengindikasikan kemampuan daya beli masyarakat bawah.

Hal tersebut akhirnya berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi yang terkontraksi cukup dalam pada sepanjang tahun lalu yang minus 2,07 persen year-on-year. Torehan tersebut sekaligus jadi yang terdalam sejak krisis moneter 1998.

 

Baca juga: Hari Ini Jakarta Alami Fenomena Hari Tanpa Bayangan, Catat Jamnya!