3 Kebiasaan Sepele ini Ternyata Bisa Bikin Baterai Ponsel Boncos

Lifepod.id - Sebagai smartphone user, salah satu hal yang penting ketika memilih ponsel adalah baterai. Kapasitas baterai yang besar bisa membuat ponsel awet, tapi kebiasaan buruk saat nge-charge bisa bikin masa hidup baterai pendek. Berikut 3 kebiasaan sepele yang bisa membuat baterai kamu boncos GenLife

3 Kebiasaan Sepele ini Ternyata Bisa Bikin Baterai Ponsel Boncos
photo : liputan6.com

Sebagai smartphone user, salah satu hal yang penting ketika memilih ponsel adalah baterai. Kapasitas baterai yang besar bisa membuat ponsel awet, tapi kebiasaan buruk saat nge-charge bisa bikin masa hidup baterai pendek.

Kebiasaan charging yang dianggap biasa saja, ternyata bisa berdampak besar ke baterai kalian. Dari yang awalnya awet 2 hari, merosot dengan cepat menjadi 1 hari dalam waktu singkat.

Makanya, penting sekali untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan ini agar baterai ponsel kalian tidak boncos. Berikut ini 3 kebiasaan sepele yang bisa bikin baterai kamu tak awet.

Mengisi daya ponsel tanpa melepas case

Salah satu kebiasaan sepele dan sering kali terjadi adalah mengisi daya tanpa melepas casing ponsel. 

Nge-charge ponsel tanpa melepas case bisa menyebabkan baterai terlalu panas dan kerusakan pada connector charger.

Apalagi kalau case-nya didesain dengan buruk, konektor dengan gampang rusak bahkan putus. Baterai yang semakin panas akan memperlambat kecepatan pengisian dan mengurangi umur baterai.

Jadi, jangan lupa untuk melepas ponsel dari case-nya sebelum diisi daya.

Menggunakan fast charger setiap hari

Banyak ponsel yang kini mengadopsi fast charging, mulai dari 40W hingga 100W. Tapi, penting untuk diingat kalau fast charging ini juga bisa membuat baterai ponsel boncos.

Maka dari itu, penting untuk tidak menggunakannya setiap hari. Kebiasaan ini bisa menurunkan daya baterai secara signifikan hanya dalam tahun pertama penggunaan.

Untuk menghindari penurunan baterai, kalian bisa memiliki charger sekunder yang memiliki daya lebih lambat untuk mengisi ulang semalaman.

Kalian juga bisa mengurangi pengisian cepat dengan mengisi hanya saat waktu-waktu tertentu saja.

Menggunakan baterai sampai 5 persen ke bawah

Kebiasaan lain yang bisa membuat baterai ponsel boncos adalah menggunakan baterai ponsel hingga 5 persen ke bawah. Kebiasaan ini ternyata punya dampak paling buruk ke ponsel kalian.

Hal ini dikarenakan banyaknya tekanan pada baterai saat sel turun dari 10 atau 15 persen.

Jika hal ini sering terjadi dalam waktu setiap hari, penurunan baterai juga akan jauh lebih tinggi dari biasanya. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya isi daya ponsel saat baterai sudah berada di angka 15 hingga 20 persen.

Sumber : [1][2]



Cek Berita dan Artikel yang lain :