5 Inovasi dan Produk Terbaru dari Apple di 2021, Apa Saja?

Lifepod.id - Dalam acara peluncuran bertajuk “Sping Loaded” yang digelar pada hari Rabu(21/04/2021), Apple menghadirkan seperangkat perubahan dan perangkat anyar .

5 Inovasi dan Produk Terbaru dari Apple di 2021, Apa Saja?
Img. Event Apple di tahun 2021 yang bertajuk Spring Loaded | Apple

 

Tidak seperti biasanya dimana mereka sering menggelar acara di bulan Maret, kali ini Apple memilih bulan April. Pagelaran Apple Event tetap dilangsungkan secara virtual di tengah masa pandemi seperti saat ini. 

CEO dari perusahaan teknologi asal Cupertino, Tim Cook, memimpin langsung acara Apple Event 2021.

 

Warna Baru iPhone 12

Warna terbaru dari iPhone 12 dan iPhone 12 Mini

Warga ungu ditambahkan kedalam pilihan warna dari iPhone 12. Ini bukan hal yang baru sebab Apple telah menghadirkan opsi warna ungu muda di iPhone 11.

Dari segi spesifikasi, tidak ada perubahan yang mencolok dari seri sebelumnya. Keduanya sama-sama menggunakan layar Super Retina XDR yang mendukung Dolby Vision dan HDR 10.

iPhone 12 berukuran 6,1 inch, sedangkan iPhone 12 Mini memiliki layar 5,4 inch.

Kedua perangkat iPhone 12 ditenagai chipset A14 Bionic dimana kinerja CPU diklaim 50% lebih cepat daripada ponsel di pasaran saat ini.

Dari segi harga, iPhone 12 Mini seharga USD 699 atau setara Rp9,7 juta. Sedangkan iPhone 12 seharga USD 799 atau setara Rp11,1 juta.

 

AirTag

Perangkat AirTag yang menjadi inovasi baru dari Apple

Inovasi baru yang dihadirkan Apple adalh AirTag, aksesoris tambahan yang dapat melacak berbagai barang penggunanya dari aplikasi ‘Find My’.

AirTag dapat terhubung dengan ‘Find My’ pada iPhone 11 dan 12.

Bila pengguna menekan opsi ‘Bunyikan Suara’, AirTag akan mengeluarkan suara dan pengguna dapat mencari keberadaan barang mereka.

AirTag dilengkapi juga dengan gantungan yang dapat dikaitkan ke barang atau sebagainya. Cegah mendeteksi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti orang contohnya, Apple melengkapinya dengan sejumlah sistem pengamanan tambahan,

Tidak hanya suara, ada juga fitur ‘penemuan presisi’. Terdapat navigas, pengguna akan dipandu menuju lokasi AirTag dengan arahan di layar ponsel.

AirTag dijual dengan harga bervariasi. Satu unitnya dibanderol mulai USD29 atau sekitar Rp420ribu dan USD99 atau Rp1.4juta untuk satu set berisi 4 unit.

 

Baca juga: Selain Menambah Emoji, Ini Dia Fitur Baru di iOS 14.5

 

Apple TV 4K

Apple TV 4K dari Apple

Apple meluncurkan model generasi kedua dari Apple TV 4K. Model ini hadir dengan desain perangkat baru, chipset lebih bertenaga, dan fitur kalibrasi warna yang cerdas.

Chipset yang digunakan adalah A12 Bionic, chipset pertama kali muncul pada seri iPhone XS dan CR. Ini memungkinkan Apple TV dapat memutar video 4K dengan kualitas menakjubkan.

Apple juga menghadirkan perubahan pada desain remotnya menjadi clickpad dengan roda gulir layaknya iPod, Terdapat juga tombol Siri sehingga bisa memanfaatkan fitur canggih itu.

 

iMac

Pilihan warna menarik dari iMac 2021

Komputer desktop All-in-One dari Apple hadir dengan desain yang lebih menarik. iMac baru itu juga menggunakan prosesor M1 dengan layar ukuran 24 inch.

iMac akan hadir dalam tujuh warna, mulai dari hijau, kuning, merah muda, oranye, biru, ungu, dan perak. Desain ini mematahkan konsep monoton yang telah digunakan Apple selama 10 tahun belakangan.

iMac terbaru ini dibanderol dengan harga USD1.299 atau Rp18.8juta untuk 8-core CPU/7-core GPU. Untuk 8-core CPU/8-core GPU dipasarkan dengan harga USD1.499 atau Rp21.7 juta.

 

iPad Pro

iPad Pro yang dilengkapi dnegan chip M1

Berbeda dari versi sebelumnya, iPad Pro 2021 dibekali dengan chip terbaru dari Apple, yakni M1 dan konektivitas 5G.

iPad Pro 2021 juga menawarkan kapasitas penyimpangan yang sangat besar hingga 2 TB dan RAM 16 GB.

Pembaruan di generasi iPad terbaru ini adalah pada bagian layarnya yang menggunakan LED bernama Liquid Retina XDR. Layar ini mendukung performa yang fantastis hingga resolusi 6K.

Ada juga fitur “Center Stage” yang bisa menjaga wajah pengguna di tengah bingkai selama melakukan panggilan FaceTime, bahkan saat bergerak di sekitar ruangan.

Harga yang ditawarkan dari iPad Pro 2021 mulai dari USD799 atau Rp11,5 juta untuk ukuran 11 inch dan USD1.099 atau Rp15,9juta untuk ukuran 12,9 inch.

Produk ini bisa dipesan di Amerika Serikat mulai 30 April dan tersedia di pasar dunia pada pekan kedua Mei.
 

Baca juga: Kurangi Resiko Salah Ketik Pengguna, Apple Siapkan Alternatif Baru