Bukan Anies Baswedan, Presiden Jokowi yang Akan Putuskan Venue Balap Formula E Jakarta 2022

Lifepod.id - Alberto Longo, Co-Founder Formula E mengatakan, venue balap mobil listrik di Jakarta akan diumumkan sebelum Natal. Presiden Jokowi disebutkan akan menentukan venue Formula E Jakarta.

Bukan Anies Baswedan, Presiden Jokowi yang Akan Putuskan Venue Balap Formula E Jakarta 2022

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, keputusan final penentuan jalur Formula E ada di tangan Presiden Joko Widodo.

Bamsoet menjelaskan, Co-Founder Formula E Alberto Longo saat ini sudah menetapkan lima calon venue balap Formula E, yaitu di wilayah Sudirman, Pantai Indah Kapuk (PIK), kawasan dekat Stadion JIS, JIExpo Kemayoran, dan Ancol. Saat ini lima calon sirkuit itu masih dalam tahap uji kelayakan.

Co-Founder Formula E, Alberto Longo. (Nahda Rizki Utami/detikcom)

Nantinya Alberto yang akan menyerahkan langsung hasil study soal plus minus jalur-jalur tersebut kepada Jokowi.

Bamsoet memperkirakan, Formula E akan disiarkan lebih dari 50 televisi mancanegara dan ditonton oleh 1,8 miliar warga dunia. Ia juga meyakini pemerintah pusat mendukung jalannya Formula E.

Pada balapan musim ke-8 ini, Formula E akan hadir di kota-kota ikonik dunia, di antaranya Diriyah Saudi Arabia, Roma, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London dan Seoul. Jakarta E-Prix 2022, akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berurutan sepanjang tahun 2022.

Bamsoet mengatakan perhelatan Formula E akan melengkapi ajang kejuaraan balap berkelas dunia di Lombok yang pada tahun 2022, yaiktu WSBK Championship pada 19 - 21 November 2021, Mini GP pada Februari 2021, dan MotoGP 2022 pada 20 Maret 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika.

Sebagai informasi, Jakarta resmi menjadi tuan rumah Formula E pada tanggal 4 Juni 2022. Keputusan ini ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021.

Baca Juga :