Hari ini Demo Lagi, Berikut Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta

Lifepod.id - Hari ini setidaknya akan ada sejumlah titik di wilayah Jakarta yang kembali menjadi lokasi demonstrasi. Ada dua gelombang demonstrasi yang akan terjadi.

Hari ini Demo Lagi, Berikut Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta

Demonstrasi akan berpusat di kawasan Patung Kuda dan Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis, Jakarta Pusat.

Menanggapi hal ini pihak kepolisian telah menyiapkan antisipasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas dengan cara pengalihan arus. 

"Hindari Kawasan Istana Merdeka dan Jalan MH Thamrin," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo dalam siaran persnya.

Demonstrasi ini digelar dengan tujuan untuk menolak omnibus law UU Cipta Kerja dan menuntut kenaikan upah minimum 2021. Di Jakarta, aksi ini akan terpusat di dua titik, yakni Istana dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Di sisi lain Persaudaraan Alumni (PA) 212 juga akan melakukan demonstrasi di Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis di Jakarta Pusat.

Maka dari itu masyarakat yang hendak beraktifitas, dihimbau untuk menghindari lokasi tersebut. Pihak kepolisian juga telah menyiapkan jalur alternatif seperti dibawah ini: 

  1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke Traffic Light Harmoni.
  2. Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.
  3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.
  4.  Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Patung Kuda Arjuna Wiwaha dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.
  5. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.
  6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.
  7. Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.
     

Baca Juga: 5 Hal Terkait Peluncuran JakWiFi (Internet Gratis) dari Pemprov Jakarta

Baca Juga: Imbas Covid-19, UMP DKI Jakarta 2021 Diperkirakan Tidak Naik