Hindari Bahaya Kesehatan! 4 Alasan Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur

Lifepod.id - Sahur dilakukan sebelum waktu imsak tiba dan adzan subuh berkumandang. Akibat rasa kantuk tidak sedikit dari kita yang melanjutkan tidur setelah makan.

Hindari Bahaya Kesehatan! 4 Alasan Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur
Img. Bahaya yang ditimbulkan apabila langsung tidur setelah menyantap hindangan untuk sahur | Pixabay

 

Padahal kebiasaan ini tidaklah bagus untuk kesehatan, terutama bagi sistem organ pencernaan yang harus bekerja ekstra. Tak hanya itu saja, banyak masalah serius yang menanti jika tidak memberikan waktu cerna bagi tubuh.


Waktu yang ideal untuk kembali tidur?

Tidak direkomendasikan untuk langsung tidur setelah mengkonsumsi sahur. Tubuh setidaknya memerlukan waktu tiga jam untuk makanan turun sempurna dari lambung.

Menyikapi waktu tidur yang terpotong, alternatifnya bisa dengan menyempatkan tidur siang sejenak atau tidur lebih awal dari jam tidur.
 

Berikut Lifepod rangkumkan 4 bahaya yang timbul apabila langsung melanjutkan tidur setelah menyantap sahur.
 

1. GERD

Dikenal dengan GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease terjadi apabila katup yang terdapat di antara lambung dan kerongkongan tidak menutup dengan sempurna.

Ini mengakibatkan makanan yang belum sepenuhnya dicerna oleh lambung dapat naik kembali ke kerongkongan. Pada umumnya disebabkan oleh pengaruh gravitasi, perubahan posisi tubuh menjadi telentang.

Kebiasaan ini tidaklah baik karena bisa memicu terjadinya asam lambung.

Gejala yang ditimbulkan antara lain:

  • Panas di dada
  • Tenggorokan panas
  • Mual
  • Bersendawa
  • Mulut terasa pahit

 

2. Sakit tenggorokan

Efek lanjutan dari refluks asam atau GERD adalah sakit di daerah tenggorokan. Mengapa bisa seperti itu?

Saat asam lambung naik, sensasi asam yang dihasilkan tidak nyaman dan apabila terus terjadi berulang kali bisa menimbulkan peradangan.

 

Baca juga: Ingin Harimu Lebih Produktif? Lakukan 5 Langkah Berikut di Pagi Hari!

 

3. Menaikkan berat badan

Tidur setelah makan berat bisa melonjakkan berat badan. Kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak daripada yang dibakar, lemak menjadi tertimbun di tubuh sebab kita tidak memberikan kesempatan untuk membakar kalori yang masuk itu.

 

4. Sembelit

Penghambatan proses pencernaan di dalam perut bisa memicu terjadinya susah buang air besar.

Untuk mengatasinya, bisa dengan memperbanyak makanan kaya akan serat dari buah dan sayur untuk memperlancar proses pencernaan.

 

Itu dia 4 bahaya akibat langsung tidur setelah sahur. Pastikan untuk tidak melewatkan sahur saat berpuasa agar tetap mendapat energi yang cukup untuk beraktivitas.
 

Baca juga: Atasi Nyeri Punggung dengan 3 Langkah Berikut Ini