Atasi Nyeri Punggung dengan 3 Langkah Berikut Ini

Lifepod.id - Bagi sebagian orang yang menghabiskan waktunya dengan duduk pasti pernah merasakan nyeri pada bagian punggungnya.

Atasi Nyeri Punggung dengan 3 Langkah Berikut Ini
Img. Nyeri punggung | wellchiropractic.com


Ternyata alasan dibalik nyeri punggung bukan karena faktor usia saja, namun juga ada indikator lain seperti gaya hidup yang kurang bergerak, berat badan berlebih, bahkan stres.

Nyeri punggung di bagian bawah bisa diatasi dengan menggunakan obat-obatan, terapi fisik, dan suntikan steroid. Namun yang paling tepat dilakukan adalah mengubah gaya hidup.

Nah, berikut ada langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk meringankan rasa nyeri yang timbul di punggung. Simak selengkapnya!

Memperbaiki pola makan

Untuk meringankan peradangan dan nyeri. sebaiknya mengatasi gula, karbohidrat olahan berbahan dari tepung, dan makanan yang rendah nutrisi.

Makanan yang dianjurkan adalah mengonsumsi makanan dengan warna yang berbeda dan protein yang cukup, seperti ikan atau daging ayam tanpa kulit.


Mengontrol stres

Otot yang tegang akan mengurangi penyebaran aliran darah ke jaringan sehingga oksigen tidak maksimal. Itulah yang menyebabkan nyeri pada otot.

Hal lain yang tak jauh kalah penting adalah mengelola stres. Caranya dapat dilakukan dengan terapi perilaku kognitif dan meditasi.

Selain mengurangi rasa sakit, meditasi juga berguna untuk mengurangi kecemasan dan membantu kita lebih fokus. 

 

Olahraga

Terlihat sepele, namun membiasakan diri untuk berolahraga sangatlah dianjurkan untuk mengurangi nyeri.

Olahraga berguna untuk proses pemulihan. Jenis kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari yoga, berjalan kaki, bersepeda, hingga berenang.
 

Baca juga: Ingin Harimu Lebih Produktif? Lakukan 5 Langkah Berikut di Pagi Hari!

Baca juga: 3 Hal yang Wajib Dimiliki untuk Jaga Kesehatan Kulit Wajah