Timbulkan Kemacetan di Terusan Suez, Ever Given Dituntut Ganti Rugi Rp13 Triliun

Lifepod.id - Kaapal kargo yang terjebak di Terusan Suez selama hampir seminggu lamanya disita oleh pihak berwenang Mesir. Ini adalah tindakan terkait kerugian finansial yang ditimbulkan.

Timbulkan Kemacetan di Terusan Suez, Ever Given Dituntut Ganti Rugi Rp13 Triliun
Img. Kapal kargo Ever Given yang menyebabkan kemacetan di Terusan Suez selama 6 hari dituntut Rp13 triliun oleh pemerintah Mesir | Antara/SUEZ CANAL AUTHORITY - Handout via Reuters

 

Dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (14/04/2021), pengadilan Mesir menurut pemilik kapal Jepang, Shoei Kisah Kaisha, untuk membayar biaya kompensasi US$900 juta, setara dengan Rp 13 triliun (berdasarkan kurs hari ini Rp14.500).

Biaya yang dibebankan tersebut termasuk biaya pemeliharaan dan biaya operasi penyelamatan kapal berbendera Panama tersebut. Kapal Ever Given menyebabkan kapal-kapal dari seluruh dunia yang hendak melintas pada kanal tersebut harus memutar arah dan menempuh perjalanan lebih jauh.

Shoei Kisen Kaisha menyebut jika perusahaan asuransi dan pengacara saat ini sedang mengusahakan klaim kompensasi, menolak berkomentar lebih lanjut terkait kejadian ini.

Pada 29 Maret lalu Ever Given berhasil diselamatkan dan dipindahkan ke Great Bitter Lake untuk diperiksa kelayakannya serta dilakukan perbaikan,

Perusahan asuransi yang menangani Ever Given, UK Club, mengatakan pada hari Selasa terkait tagihan kompensasi sebesar US$ 916 juta dan mempertanyakan dasar hukuman itu.

“Terlepas dari besarnya klaim yang sebagian besar tidak didukung, pemilik dan perusahaan asuransi mereka telah bernegosiasi dengan itikad baik dengan SCA. Pada 12 April, sebuah tawaran yang dipertimbangkan dengan hati-hati dan murah hati dibuat kepada SCA untuk menyelesaikan klaim mereka, ” tulis pertanyaan tersebut pada Selasa (13/04/2021) lalu.

UK Club tetap meyakini jika besar tagihan yang dibebankan kepada Ever Given tidak valid, sebab SCA belum memberikan pembenaran rinci untuk klaim jumbo. Klaim itu meliputi US$ 300 juta untuk penyelamatan dan US$ 300 juta lainnya untuk hilangnya reputasi Terusan Suez itu.

Ever Given berhasil diapungkan kembali dalam enam hari setelah proses penyelamatan. Setelah itu, aktivitas operasional di Terusan Suez berlanjut pulih kembali.

Upaya dikerahkan secara maksimal untuk menyelamatkan kapal Ever Given mengingat pentingnya peran Terusan Suez bagi perdagangan global.

Setidaknya lebih dari 400 kapal diblokir dan tidak bisa melintasi kawasan kanal itu ketika Ever Given memblokir Terusan Suez pada 23 Maret lalu.

 

Baca juga: Kapal Evergreen yang Terjebak di Terusan Suez Tunjukkan Perkembangan Posisi