Hisana, Fried Chicken Viral Jalur Indie Favorit Netizen

<b>Lifepod.id</b> - Hisana Fried Chicken (HFC) ini memang terdengar asing bagi sebagian orang. Tapi siapa sangka, bisnis ayam goreng ini sudah memiliki ratusan gerai dan menghasilkan omzet hingga miliaran rupiah.

Hisana, Fried Chicken Viral Jalur Indie Favorit Netizen
image : hisanafriedchicken.com

Baru-baru ini viral di Twitter berbagai menu ayam goreng lokal atau netizen  menyebutnya dengan fried chicken jalur indie.

Melalui unggahan akun menfess bot for foodies @FOODFESS2, cuitannya yang mengunggah berbagai merek ayam goreng lokal yang disukai netizen.

Cuitan ini pun langsung menarik perhatian netizen. Tidak sedikit yang merekomendasikan hisana sebagai fried chicken terbaik. Hisana Fried Chicken (HFC) ini memang terdengar asing bagi sebagian orang. Tapi siapa sangka, bisnis ayam goreng ini sudah memiliki ratusan gerai dan menghasilkan omzet hingga miliaran rupiah.

Bagi kamu yang belum mengetahui HFC, yuk simak fakta menarik fried chicken viral jalur indie berikut ini.

1. Berdiri Sejak 2005

Hisana Fried Chicken (HFC) didirikan oleh Tatang Suharta pada tahun 2005 di bawah naungan PT Selahonje Jaya Abadi. Awalnya HFC ini tidak langsung berkembang pesat, bermodalkan sebuah kios yang terbilang kecil, HFC secara perlahan mulai melesat bagaikan roket. Walaupun pada saat itu harus mengalah karena kompetitor lebih dulu terkenal .

Image : hisanafriedchicken.blogspot.com

Menariknya, Tatang sempat memiliki berbagai profesi, mulai dari sales kompor hingga mengalmami pengalaman paht karena sempat di PHK tanpa pesangon saat masa orde baru. Mungkin pengalaman tatang inilah yang mebuatnya berusaha menerakan konsep syariah untuk menegelola Hisana Fried Chicken.

2. Memiliki ratusan outlet

Image : www.ukmbangkit.com

Tercatat hingga tahun 2016, franchise ini telah memiliki sekitar 630 outlet cabang yang tersebar di 11 provinsi di seluruh Indonesia.

Walaupun mengususng konsep utama sebagai makanan take and go atau take away, namun beberapa outlet dari Hisana Fried Chicken sendiri menyediakan tempat duduk untuk dine ini bagai para pengunjungnya.

Wakil Direktur Utama dari Hisana juga menyatakan bahwa pihak mereka menargetkan keberadaan total 2000 outlet Hisana pada tahun 2020 di seluruh provinsi di Indonesia. Bila perkembangan mereka sesuai dengan apa yang direncanakan, maka kemungkinan saat ini Hisana sudah memiliki lebih dari 1000 outlet di Indonesia.

3. Menerapkan Konsep Syariah

Saat menjalankan sistem perusahaan ini, Tatang mengaku tidak melakukan riba. Bagi Tatang Suharta itu sendiri, dirinya menerapkan sistem dimana setiap karyawan yang memiliki saham di Hisana berhak memiliki bukti kepemilikan saham dari Hisana Fried Chicken. Pemegang saham berhak menerima pembayaran bagi laba sesuai jangka waktu yang telah disepakati. Pembagian keuntungan dan sistem pelaporan dilakukan Hisana sesuai syariat.

Dia merasa bahwa cara ini memang yang terbaik untuk memajukan usahanya. Hal ini dirasa dapat memacu kinerja dari para karyawannya untuk terus berusaha mengambil andil dalam perkembangan Hisana itu sendiri karena merasa bahwa dirinya bukanlah sekedar karyawan melainkan bagian dari pemilik.

Hisana juga mengklaim bahwa semua bahan baku dan bumbu yang mereka pakai telah terjamin kualitas dan kehalalannya. Bahan baku ayam berasal dari rumah potong yang telah memegang sertifikat halal dari MUI. Adapun bumbu yang digunakan untuk mengolah merupakan produksi sendiri yang juga telah mengantongi sertifikat halal dari LPPOM MUI.

4. Memiliki Target Pasar yang Jelas

Sejak awal pencetusan ide membuat fried chicken gerobakan yang terkonsep, HIsana sudah memutuskan siapa yang akan menjadi target pasar mereka dengan jelas. Hisana terang-terangan berusaha untuk merebut target pasar dari para pecinta ayam goreng dari outlet-outlet yang dianggap sebagai ‘Raja’ dalam industri ini seperti Kentucky Fried Chicken (KFC) ataupun McDonald’s.

Untuk melawan kompetitor yang lebih besar, tentunya memerlukan senjata yang kuat. Pertama, rasa yang tidak kalah dengan ayam goreng buatan para raksasa tersebut. Kedua, harga yang sangat miring. Hisanna mengedepankan harga yang lebih bersahabat di kantong dibandingkan dengan para kompetitornya, namun tetap memberikan kualitas dan pelayanan yang sepadan.

Untuk mendapatkan satu potong ayam goreng di Hisana, Kamu hanya perlu mengeluarkan uang 12 ribu hingga 17 ribu rupiah. Bahkan sudah dilengkapi dengan nasi putih serta saos sambal sebagai pelengkap.

5. “Hisana”diambil dari nama sang anak owner

Istimewanya, nama Hisana diambil dari nama anak keduanya yang lahir ketika merintis usaha ini, Hisana Zahra. Mungkin saja ini mempengaruhi kesuksesan Hisana Fried Chicken, namun pastinya kelahiran Hisana Zahra ke dunia memberikan dampak yang positif terhadap bisnis yang dijalani oleh Tatang Suharta.

Menu Hisana Fried Chicken

Berikut adalah deretan menu murah namun mengundang selera yang ada di franchise hisana fried chicken:

  • Dada ayam                                Rp12.000,00
  • Paha ayam atas                              Rp10.000,00
  • Sayap ayam reguler crispy            Rp9.000,00
  • Paha ayam bawah crispy               Rp9.000,00
  • Crispy chicken strips                     Rp5.000,00

Selain menu di atas, Hisana juga menyediakan menu paketan dan jenis makanan lain yang tak kalah lezatnya. Harganya bisa berbeda-beda di tiap daerah, namun tetap saja masih tergolong murah. Inilah beberapa menu yang disajikan oleh Hisana Fried Chicken:

  • Kentang                            Rp8.000,00
  • Steak Crispy Chicken         Rp15.000,00
  • Paket keluarga                   Rp63.000,00
  • Paket berdua                     kurang dari Rp30.000,00
  • Paket winger                     kurang dari Rp30.000,00
  • Paket ayam geprek            kurang dari Rp20.000,00
  • Nugget Crispy                   kurang dari Rp3.000,00
  • Bakso Crispy                     Rp1.500,00
  • Ceker Crispy                     Rp1.500,00

Jika kamu sangat tertarik untuk bergabung menjadi kemitraan dari Hisana, sayangnya perusahaan tersebut tidak membuka kesempatan franchise lagi. Hal ini dinyatakan lewat akun Instagram resmi dari Hisana. Tidak heran jika sebagian yang sangat tertarik cenderung kecewa atas keputusan tersebut.

Namun, tidak perlu khawatir lagi karena kamu bisa menjangkau Hisana melalui alternatif lain. Contohnya adalah mengajukan tempat atau menerapkan sistem bagi hasil bersama Hisana Fried Chicken. Pastikan bahwa lokasi yang kamu siapkan tergolong strategis untuk memperoleh banyak pelanggan.

Itulah beberapa penjelasan seputar usaha Hisana Fried Chicken yang berpotensi laris dan memberikan manfaat di bidang industri pangan. Pastikan Anda mampu mengikuti alur kerja pusat secara kooperatif dan tidak menyia-nyiakan lokasi strategis untuk menjual ayam goreng khas dari Hisana.

Baca Juga :