Jelang 2023, Ini 3 Tren yang Bakal Ramai di Instagram

Lifepod.id - Instagram baru saja merilis daftar tren yang disukai para Gen Z di platformnya. Ini menjadi kali pertama media sosial milik Meta tersebut merilis laporan mengenai Gen Z.

Jelang 2023, Ini 3 Tren yang Bakal Ramai di Instagram

Instagram dengan berbagai fiturnya saat ini berhasil menggaet perhatian Generasi Z di Indonesia. Dengan populasi mencapai 68 juta, Gen Z di Indonesia banyak menggunakan fitur-fitur Instagram sebagai cara untuk eksis di media sosial.

Sebut saja 73 persen Gen Z menyukai konten video pendek di Reels selama 2022, begitupun juga dengan stiker Add Yours yang ada di Stories menjadi fitur yang digemari karena menggabungkan minat dan juga kebersamaan.

Ada beberapa topik Add Yours yang banyak digunakan oleh anak-anak di kalangan Gen Z selama tahun 2022, yaitu Add Yours ‘Dump’, ‘Apapun ketika kamu menjadi mahasiswa’ dan ‘Foto/Screenshot random dari generasi HP’.

Selanjutnya, Gen Z juga menjadikan konten kreator sebagai sumber inspirasi mereka untuk mengambil keputusan di fashion, makanan hingga gaya hidup sehat.

Nah, 2023 kurang dari satu bulan lagi dan Instagram membagikan apa saja yang diprediksi menjadi tren di platform mereka.

Revie Sylviana, Director, Creator Partnerships APAC, Selasa, (06/12) mengatakan bahwa Kuliner dan Wisata akan ramai di Instagram pada tahun depan.

Sebagian besar tagar terpopuler di Instagram berhubungan dengan konten makanan, dan traveling. Salah satunya tagar #PesonaIndonesia.

“Hashtag #PesonaIndonesia digunakan sebanyak 11 juta tahun ini. 37 persen Gen Z di Indonesia menjadi kontributor dalam pertumbuhan tagar ini. Sementara itu tagar #Bali digunakan 20 ribu lebih banyak dari tahun lalu,” kata Revie.

Revie mengungkapkan bahwa tren kuliner dan wisata di Instagram akan didorong oleh pandemi yang diprediksi terus mereda di masyarakat Indonesia tahun depan.

Selanjutnya, tahun depan lagu-lagu lokal Indonesia diprediksi akan meramaikan platform Instagram. Terbukti saat ini lagu dan tarian lokal lebih banyak dipakai Gen Z daripada lagu asing.

“1 dari 2 Gen Z menggunakan Dunia Tipu-Tipu oleh Yura Yunita dalam konten-kontennya. Sedangkan 1 per 3 dari mereka menyukai Ojo Dibandingke oleh Farel Prayoga,” ungkap Revie.

Selain itu, tari Mendung Tanpo Udan juga sukses mencuri perhatian anak-anak muda berkat tarian yang mudah dan musik yang enak didengar.

Ketiga, ada tren Metaverse yang diramal akan ramai diminati Gen Z tahun depan. 

Hal ini terlihat dari meningkatknya minat Gen Z terhadap elemen-elemen Web 3, seperti Avatar, AR, VR dan juga NFT.

“65 persen dari Gen Z Indonesia ingin melihat lebih banyak lagi fitur VR di Instagram,” kata Revie.

Sementara itu, tahun depan Instagram juga mengungkapkan kalau mereka akan berfokus pada fitur-fitur baru yang memberikan jalan bagi kreator untuk monetisasi platform sehingga mereka bisa mendapatkan uang dari Instagram.

Sumber : [1][2]




Cek Berita dan Artikel yang lain :