Nih, 5 Cara Jitu Cegah Berat Badan Naik di Bulan Ramadhan

Lifepod.id - Berpuasa menahan lapar dan haus di bulan suci Ramadhan, namun berat badan justru naik. Apakah kamu termasuk salah satu yang mengalaminya?

Nih, 5 Cara Jitu Cegah Berat Badan Naik di Bulan Ramadhan
Img. Ilustrasi penuruan berat badan | Pixabay

 

Sebagian orang ada yang menganggap momentum berpuasa selama 10-13 jam dalam sehari sekaligus menjadi program penurunan berat badan. Semua hal itu sia-sia saja jika kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak daripada yang keluar.

Berat badan bukan berkurang, yang terjadi malah semakin bertambah. Jangan sampai lupakan hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah berat badan meningkat di bulan Ramadhan.

 

1. Jaga porsi makan

Pentingnya menjaga porsi makan saat sahur atau berbuka puasa

Saat berpuasa menahan haus dan lapar, biasanya kita terdorong untuk memilih berbagai jenis makanan atau minuman untuk disantap saat berbuka. Alhasil kita mengkonsumsi dalam jumlah besar.

Untuk mengatasi pola makanan berlebih bisa memulai makan dan minum dengan porsi kecil. 

Pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti nasi, roti gandum, atau oatmeal yang bisa membantumu lebih cepat kenyang.

Tetap perlu diperhatikan, ya, untuk kebutuhan nutrisi dalam tubuh tercukupi. Puasa tidak menjadi penghalang tubuh kekurangan tenaga dan nutrisi penting yang diperlukan tubuh.

Selain itu, coba mengunyah makanan dengan perlahan. Itu bisa membantu menstimulasi tubuh untuk merasa kenyang lebih cepat.

 

2. Hindari gula berlebih

Makanan manis banyak ditemukan di makanan takjil

Tak sedikit makanan takjil identik dengan hidangan manis, mulai dari kolak, es buah, biji salak, es sirup, dan lainnya. Kandungan gula berlebih dalam olahan itu tidak baik dikonsumsi tubuh.

Gula berlebih dapat mengganggu hormon pengatur rasa lapar. Itu sebabnya kita bisa cepat merasa lapar dan makan berlebihan.

Tidak hanya memicu berat badan berlebih, penyakit yang bisa timbul adalah diabetes. Tentu kamu tidak ingin mengalaminya, bukan?

 

3. Perbanyak konsumsi air putih

Mencukupi kebutuhan air putih meskipun sedang berpuasaAir putih bisa menekan keinginan makan berlebih. Sesuaikan kebutuhan air minum harian, setiap orang dengan usia yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Disarankan untuk minum air putih sebelum makanan. Hal itu bertujuan untuk membantu tubuh kenyang lebih dulu.

Hampir lebih dari 10 jam berpuasa, tubuh pasti kekurangan air. Maka dari itu pastikan kebutuhan air tetap terjaga dengan rutin minum air di jam-jam berbuka dan sahur, ya!

 

Baca juga: Atasi Nyeri Punggung dengan 3 Langkah Berikut Ini

 

4. Hindari langsung tidur setelah makan

Tidak dianjurkan untuk langsung tidur setelah menyantap makanan

Setidaknya diperlukan waktu tiga jam bagi tubuh untuk makanan bisa turun sempurna ke lambung.

Tidur setelah mengkonsumsi makanan sangat tidak dianjurkan. Metabolisme tubuh akan melambat dan tidak terdapat banyak aktivitas untuk membakar kalori yang masuk ke tubuh.

Apabila kebiasaan ini terus dilakukan, maka bisa memicu terjadinya kenaikan berat badan bahkan obesitas. Sebaiknya, beri jeda bagi tubuh untuk mencerna makanan sebelum beranjak tidur.

 

5. Kurang bergerak

Bulan puasa bukan menjadi penghalang untuk berolahraga

Pilih olahraga dengan intensitas ringan yang mudah dilakukan, contohnya seperti berjalan kaki. Melakukan aktivitas membersihkan rumah, naik turun tangga, dan berkebun juga bisa jadi pilihan yang bisa dicoba.

Cukup luangkan waktu sebanyak 15 hingga 30 menit dalam sehari. Untuk waktu bisa menyesuaikan, ada sebagian orang yang suka melakukannya di pagi, sebelum berbuka, bahkan saat malam hari.

Ingat, puasa bukan menjadi alasan untuk berleha-leha dan malas bergerak. Justru momentum ini bisa dimanfaatkan untuk menjadikan tubuh lebih aktif bergerak bahkan menurunkan berat badan.

 

Baca juga: Hindari Bahaya Kesehatan! 4 Alasan Jangan Langsung Tidur Setelah Sahur