Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diusulkan Rp250 Ribu untuk 3 Tahun ke Depan

Lifepod.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) akan mengusulkan tarif diskon kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sebesar Rp250 ribu selama tiga tahun. Besaran ini akan disampaikan kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diusulkan Rp250 Ribu untuk 3 Tahun ke Depan
Dok. KAI

Harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diusulkan sebesar Rp 250 ribu selama tiga tahun. Harga tiket itu merupakan tarif diskon.

"Tarif kita usulkan ke Kementerian Perhubungan ya, tiga tahun ini diusulkan untuk diskon tarif Rp 250.000, sama seperti Kereta Api Argo Parahyangan. Biar penumpang memilih apakah kereta cepat, mereka yang mau cepat. Mungkin yang sesuai perjalanannya dengan KAI silahkan pakai KAI. Rp 250.000 itu untuk kelas II ya," kata Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi

Akan tetapi dia memeberikan penjelasan mengenai harga normal tiket KCJB. Ia hanya menegaskan bahwa harga tersebut dinilai sudah ideal.

"Yang penting Rp 250.000, dulu untuk menarik minat beralih dari jalan tol ke Kereta Cepat dan mengurangi macet. Semurah mungkin Rp 250.000 pasti ideal," jelasnya.

Seperti diketahui, KCJB ditargetkan beroperasi pada Oktober 2023 mendatang. Saat ini proses pembangunan proyek tersebut masih terus dikebut.

Untuk Stasiun Halim sendiri sudah mencapai 98%, artinya tinggal penyelesaian akhir. Dwiyana menjelaskan, Stasiun Halim juga akan memiliki konektivitas dengan Jalan Raya melalui akses dari Jl DI Panjaitan, Exit Tol km 1+850 Tol Jakarta - Cikampek, LRT Jabodebek hingga nantinya BRT Transjakarta, BRT JR Connexion, Shuttle dari bandara halim, Microtrans, dan taksi konvesional maupun online.

"Masyarakat Jakarta dan sekitarnya diharapkan bisa dengan mudah menjangkau Stasiun KA Cepat Halim. Karena itu kami berusaha untuk menyediakan berbagai akses yang strategis untuk memenuhi kebutuhan tersebut," ujarnya.

Sumber : [1][2]

Cek Berita dan Artikel yang lain :