Widget YouTube mulai tersedia untuk Android

Lifepod.id - Widget YouTube kini tersedia juga untuk perangkat dengan sistem Android. Sebelumnya, widget YouTube ini hanya tersedia untuk perangkat dengan sistem iOS.

Widget YouTube mulai tersedia untuk Android
pexels.com/freestocks.org

Platform menonton video YouTube mulai menggulirkan kemampuan menambahkan aplikasi ke widget di laman utama (homescreen) ponsel Android.

Fitur widget pada umumnya ada di setiap ponsel pintar, berfungsi untuk mempermudah penggunaan aplikasi.

Ketersediaan YouTube di widget terjadi berkat perombakan di Google Material You, sebuah program Google untuk pengembang untuk tampilan antarmuka (user interface).

Widget YouTube berisi beberapa pintasan untuk fungsi di aplikasi. Untuk saat ini setidaknya ada dua jenis widget YouTube di ponsel Android.

Widget pertama berupa kolom pencarian YouTube, untuk mencari konten di platform itu. Kedua, widget berupa kolom pencarian dan ikon ke fitur-fitur di YouTube antara lain perpustakaan (library), laman utama dan video pendek Shorts.

Untuk mendapatkan widget YouTube, pengguna harus menggunakan sistem operasi minimal Android 12. Setelah itu, ketika berada di laman utama, tekan layar selama beberapa detik dan pilih widget.

Pada menu widget, cari dan pilih aplikasi YouTube. Setelah memilih, widget YouTube akan ditambahkan ke laman utama.

Sumber : [1]

Cek Berita dan Artikel yang lain :