5 Investasi untuk Pemula Modal Kecil Untung Banyak, Yuk Mulai Sekarang!

Lifepod.id - Milenials yang sudah berpenghasilan tentunya menginginkan uang hasil kerjanya bisa berlipat ganda selagi masih muda. Proses investasi tidaklah rumit tapi tidak sederhana juga, karena yang terpenting kita memahami langkah dan resiko dari setiap jenis investasi.

5 Investasi untuk Pemula Modal Kecil Untung Banyak, Yuk Mulai Sekarang!
image: https://www.shutterstock.com/

Investasi berguna untuk mengatur aliran keuangan yang sehat dan menguntungkan. Investasi juga berarti tabungan untuk masa depan. Jadi secara umum investasi merupakan sebuah sarana untuk melipatgandakan uang dan bisa membantu kamu untuk memiliki finansial yang lebih baik.

Berikut investasi yang cocok untuk pemula yang menginginkan modal kecil namun untung banyak.

1. Reksadana

Reksadana adalah jenis investasi yang paling banyak dipilih oleh pemula. Investasi ini adalah suatu instrumen investasi di mana pengelolaan keuangan dananya diatur oleh Manajer Investasi (MI) yang sudah mendapat izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kamu sudah bisa berinvestasi reksadana online hanya dengan modal Rp10.000. Ada 4 jenis reksadana, yaitu

  • Reksadana pasar uang (risiko rendah)
  • Reksadana pendapatan tetap (risiko rendah)
  • Reksadana campuran (risiko sedang)
  • Reksadana pasar saham (risiko tinggi)

Cara investasi reksadana sangatlah mudah, kamu bisa berinvestasi melalui platform online milik perusahaan sekuritas maupun e-commerce.

image: www.ovo.id

2. Logam mulia (Emas)

Investasi logam mulia juga banyak diminati karena dinilai lebih mudah, fleksibel, dan memiliki nilai pasti ketimbang reksadana atau saham. Kamu bisa membeli dengan cara mencicill atau membelinya secara tunai.

image: https://viralitynews.com/

Jika mencicil, kamu bisa mendatangi gerai pegadaian atau melalui platform daring seperti Tokopedia. Kamu dapat membeli logam mulia mulai dari ukuran terkecil 0,5 gram hingga 100 gram. Harga emas lebih stabil dan mengalami peningkatan harga di waktu-waktu tertentu. Kamu bisa mengunjungi laman https://www.logammulia.com/id/harga-emas-hari-ini .

3. Deposito

image: https://www.momsmoney.id/

Deposito merupakan salah satu cara berinvestasi uang dalam kurun waktu tertentu. Penyimpanan dalam jangka waktu tertentu membuat nilai pokok uang Anda dapat terjaga dengan baik ketimbang menabung biasa atau investasi lain seperti saham.

Hal tersebut membuat investasi deposito cocok bagi pemula. Selain imbal hasil yang cukup baik, suku bunga juga tinggi dan risiko kerugian pun cukup kecil. Pada investasi deposito, uang yang Anda depositokan sepenuhnya terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

4. P2P Lending

P2P atau peer to peer lending merupakan investasi pendanaan yang mempertemukan pendana (pemberi pinjaman) dengan peminjam. Pinjaman uang bisa diberikan kepada individu maupun bisnis tanpa melalui jasa perbankan dan dilakukan secara daring.

Modal investasi P2P Lending bisa dimulai dengan Rp100 ribu. Kamu bisa menjadi pemberi pinjaman di perusahaan penyalur pinjaman online. Imbal hasil investasi p2p lending terbilang tinggi dibanding bunga deposito. Keuntungannya hingga 18% per tahun.

5. Investasi saham

Banyak orang takut investasi saham bukan karena risikonya, tetapi lebih kepada keterbatasan modal. Investasi saham dianggap mewah karena butuh dana lumayan besar untuk memulainya. Jutaan, ratusan juta, bahkan miliaran rupiah.

Padahal kenyataannya tidak sama sekali. Cukup dengan uang Rp10.000 sudah bisa membeli saham sebuah perusahaan. Misalnya kamu beli saham IPO atau yang harganya di bawah Rp1000.

Namun jangan beli sembarangan. Cari saham yang kinerjanya baik agar uangmu berkembang meskipun modalnya tipis. Caranya dengan terlebih dahulu melakukan analisa fundamental untuk pemula.

Nah, itulah 5 jenis investasi yang cocok untuk kamu yang ingin memulai berinvestasi dengan modal kecil. Tentunya sebelum berinvestasi ada hal yang harus kamu perhatikan. Ada baiknya kamu paham investasi apa yang benar-benar cocok untuk mu, baik dari segi resiko, modal, dan berbagai analisis yang dibutuhkan.

Baca Juga :