7 Pilihan Lauk Sahur Simpel untuk Anak Kos

Lifepod.id - Makan sahur selama bulan puasa merupakan tantangan tersendiri bagi anak kos. Menu sahur ala anak kos sendiri merupakan..

7 Pilihan Lauk Sahur Simpel untuk Anak Kos

Makan sahur selama bulan puasa merupakan tantangan tersendiri bagi anak kos. Menu sahur ala anak kos sendiri merupakan makanan simpel, praktis dan yang pasti mudah disajikan. Hal ini karena anak kos tidak hanya dituntut untuk bangun sendiri tapi juga menyiapkan makan sendiri dalam waktu singkat dan terbatasnya budget.

Nah, apa saja menunya yang bisa kamu coba? Berikut Lifepod rangkumkan rekomendasinya!

 

1. Nasi dan Telur  

Nasi merupakan sumber karbohidrat bagi tubuh sementara telur selain mudah diolah juga memiliki banyak manfaat yang akan memenuhi kebutuhan protein dan lemak sehat yang bisa diubah menjadi cadangan energi ketika cadangan karbohidrat menipis.

Telur bisa diolah menjadi mata sapi, orak arik atau omelet dengan tambahan keju atau sayur untuk menambah nutrisinya.

 

2. Nasi Goreng

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng adalah sangatlah sederhana. Hanya perlu nasi dan bumbu nasi goreng.  Agar lebih simpel kamu  bisa menggunakan bumbu nasi goreng instan. 

Kemudian untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan protein, kamu bisa menambahkan lauk telur mata sapi aau cacahan sayur.

 

3. Sarden

Ikan dengan kemasan kaleng ini sangat mudah untuk diolah bagi anak kos. Mengolahnya pun cukup dengan menghangatkannya. Meskipun sangat simpel sarden ternyata bernutrisi tinggi.

 

4. Mie Instan

Kreasi olahan dari mie instan emang paling berhasil bikin mata melek waktu sahur. Saat memilih makan sahur dengan instan tambahkan juga telur ceplok dan aneka sayuran agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat seharian berpuasa. 

Tapi perlu diingat jangan terlalu sering mengkonsumsi mie instan karena sesuatu instan mengandung pengawet dan pewarna yang tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering.

 

5. Abon

Menu sahur ala anak kos lainnya adalah Abon. Abon sangat praktis disajikan dengan nasi hangat dan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Untuk tambahan vitaminnya kamu bisa menambahkan menu sayur seperti tumis kangkung, bayam atau lainnya.

 

6. Frozen Food

Selain simpel, olahan frozen food seperti nugget atau kornet juga memiliki rasa yang enak jika dimakan dengan nasi. 

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat sahur kamu bisa menambahkan sayuran sebaga pelengkap.

 

7. Kering Tempe/Kering Kentang

Makanan kering akan lebih tahan jika disimpan lama. Sehingga menjadikan kering tempe/kering kentang sebagai lauk sahur adalah pilihan yang tepat karena kamu bisa mengolahnya saat sian hari dan hanya perlu dihangatkan ketika akan sahur. 

 

Baca juga: Meski Terlihat Sama, Berikut 4 Perbedaan Oatmeal dan Granola

Baca juga: 5 Sumber Makanan Protein Tinggi yang Cocok untuk Diet