Akibat Uji Coba Rudal, Hubungan Korea Utara dan Korea Selatan Kembali Memanas

Lifepod.id - Pekan lalu Korea Utara melakukan uji coba dua rudal balistik ke laut dekat Jepang. Hal ini menandai kemajuan stabilitas persenjatan Korea Utara. sekaligus meningkatkan tekanan terhadap Amerika.

Akibat Uji Coba Rudal, Hubungan Korea Utara dan Korea Selatan Kembali Memanas
KRT via AP Video

Disisi lain Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengomentari peluncuran tersebut dengan mengatakan "mengkhawatirkan".

Menanggapi hal tersebut saudara perempuan Presiden Korea Utara Kim Jong-un mengecam komentar dari Presiden Korea Selatan dan menyebut Moon memalukan karena berpihak pada Amerika Serikat, dimana mereka juga mengutuk uji rudal tersebut karena dianggap menjadi ancaman bagi perdamaian dan keamanan intersional.

"Perilaku tidak masuk akal dan berwajah kurang ajar dari Korea Selatan, persis sama dengan logika AS yang mirip gangster," kata Kim Yo-jong dalam sebuah pernyataan yang dimuat oleh KCNA, seperti dilansir Reuters.

Baca Selengkapnya :

Sementara itu Presiden AS Joe Biden mengatakan jika uji rudal yang dilakukan Korea Utara tersebut melanggar revolusi Dewan Keamanan PBB, namun dia tetap terbuka untuk diplomasi dengan Pyongyang.

Komite Sanksi Dewan Keamanan PBB juga mengkritik perbuatan Korea Utara atas percobaan uji rudal ini sebagai bentuk pelanggaran resolusi PBB. Hal ini juga diikuti dengan seruan untuk menjatuhkan sanksu tambahan serta memperketan pengawasan atas kejadian ini.

Baca Juga : News Kapal Evergreen yang Terjebak di Terusan Suez Tunjukkan Perkembangan Posisi

Baca Juga : Terungkap Pasutri Pelaku Bom Bunuh Diri Terlibat Jaringan JAD