Huawei Bakal Lepas Brand Honor, Xiaomi Tertarik Beli?

Lifepod.id - Dikabarkan saat ini Huawei tengah melakukan negosiasi untuk menjual kepemilikan sub-brand miliknya, yaitu Honor, ke pihak lain. Bahkan Xiaomi saat ini sudah melirik untuk membelinya.

Huawei Bakal Lepas Brand Honor, Xiaomi Tertarik Beli?

Selain Xiaomi, ada tiga kandidat perusahan lain yang digadang menjadi calon peminang dari Honor ini antara lain Digital China Group (DCG) dan TCL. Mereka merupakan kompetitor Huawei dipasar global yang sama-sama berasal dari China.

Belum diketahui secara pasti juga apa alasan Huawei memilih melepaskan Honor. Tak tanggung-tanggung, kemungkinan Huawei akan menjual seluruh aset yang dimilikinya di Honor. seperti merk, kemampuan riset, pengembangan, hingga rantai pasokannya.

Ada sumber yang menyimpulkan langkah yang dipilih Huawei ini bertujuan agar brand tersebut dapat menjual ponsel pintar high-end daripada fokus pada pemasaran ponsel dengan harga terjangkau.

Honor sendiri merupakan sub-brand dari Huawei yang ditargetkan untuk pasar kelas menengah sehingga dengan melepasnya, Huawei bisa meluncurkan smartphone flagship milik mereka.

Sedangkan pihak lain menilai upaya tersebut diambil agar Huawei bisa lepas dari jeratan sanksi pemerintah Amerika Serikat. Seperti yang diketahui, produk asal China dari perusahan Huawei tidak bisa tembus pasar AS.

Selain perangkat Android besutan Huawei, termasuk Honor, dilarang berbisnis di Amerika, produk mereka juga tidak bisa mengakses layanan Google dan Play Store. Kementerian Perdagangan AS juga menyertakan Huawei ke dalam daftar hitam mereka.

Huawei berada di posisi sulit sebab lingkup mereka tidak bisa bebas dan perusahan sukar untuk meningkatkan produksi ponsel generasi terbaru mereka.

Namun, perlu diketahui juga jika Honor selama ini juga berperan dan memberikan kontribusi yang besar pada Huawei bahkan setengah dari total penjualan Huawei.

Berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendapatkan Honor? Nah, jika sub-brand tersebut terjual, Huawei bisa mendapatkan suntikan dana sekitar $3,7 miliar (atau sekitar Rp 54.593 triliun).

 

Baca juga: Fungsi 6 Kamera Oppo Reno4 F yang akan Dipasarkan di Indonesia

Baca juga: Intip 5 Perubahan yang Dihadirkan Apple di iPhone 12