5 Kiat Promosi Produk di Instagram agar Laris Manis

<b> Lifepod.id</b> - Di tengah masa Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) seperti saat ini, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia harus menghadapi tantangan sekaligus peluang baru.

5 Kiat Promosi Produk di Instagram agar Laris Manis
Img. TIps mempromosikan produk di Instagram | Pixabay

Melalui prorgram Akademi Instagram, Pieter Lydia, selaku Country Director untuk Facebook Indonesia, pada Juni lalu mengadakan sesi bincang-bincang bersama selebriti yang juga membuka bisnis, seperti Zaskia Adya Mecca, Luna Maya, dan Dimas Beck.

Tak hanya itu, mereka juga membagikan strategi promosi produk secara daring lewat Instagram, sebagai berikut:

 

1. Membangun Eksistensi Bisnis

Mengaktifkan profil bisnis merupakan salah satu cara memanfaatkan peluang meningkatkan eksistensi bisnis di platform digital seperti Instagram.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai stories dan feed lebih maksimal, seperti karakteristik pengikut dan respon yang didapatkan dari pengikut.

Pemilik fashion brand Luna Habit, Luna Maya, menyarankan untuk membuat strategi pemasaran dari analisis interaksi konsumen, performa penjualan, dan karakteristik konsumen yang dilakukan secara berkala.


2. Menonjolkan Karakter Utama Bisnis
Cara ini bisa dilakukan dengan menciptakan nama brand yang menarik dan mencantumkan informasi yang lengkap pada bio.

Agar karakter bisnis mudah dikenali, Instagram sendiri menyarankan fokus pada enam foto teratas pada laman feed sebab akan dilihat pertama kali oleh calon pembeli saat membuka profil Instagram.


3. Memaksimalkan Fitur-fitur yang Tersedia
Penggunaan tanda pagar atau hastag juga sangat penting, membantu untuk produk kita bisa dilihat dan menjangkau audiens.

Kamu juga bisa membuat konten di IGTV seperti kreasi makanan, tips memadupadankan pakaian, dan hal lain yang sesuai terkait masing-masing bisnis.


4. Interaksi dengan Konsumen
Menjalin dan meningkatkan interaksi dua arah dengan pengikut merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis. 

Interaksi akan membantu konsumen mengetahui mengenai produk sebelum memutuskan untuk membelinya. Kamu bisa menjawab berbagai pertanyaan calon pembeli lewat kolom komentar maupun Direct Message.

Juga bisa memanfaatkan fitur kreatif di stories, seperti polling, stiker tanya-jawab, dan sebagainya untuk meningkatkan interaksi.


5. Kunci Utama: Pelajari dan Ikut Tren 
Terakhir, Dimas Beck, pemilik @umaracatering, @lautkitaindonesia, dan @lumpang_emas juga menyarankan untuk mencari formula yang tepat dalam merancang strategi bisnis.

Kamu juga bisa mengikuti diskusi-diskusi daring untuk mempelajari pemasaran barang secara digital.