Katanya Fitur Privasi iOS 14 Bisa Ganggu Jaringan WiFi Kantor?

Lifepod.id - Baru-baru ini Apple mengumumkan iOS 14 yang banyak menyuguhkan perubahan fitur privasi ke berbagai platform. Perubahan ini diklaim akan lebih melindungi pengguna dari kegiatan pelacakan.

Katanya Fitur Privasi iOS 14 Bisa Ganggu Jaringan WiFi Kantor?

 

Salah satu perubahan tersebut seperti perangkat iOS yang akan menggunakan alamat MAC ketika terhubung WiFi. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah operator jaringan menggunakan alamat MAC untuk melacak pelanggan.

Menanggapi hal ini perusahaan keamanan teknologi Cisco mengatakan jika fitur privasi yang diusung oleh iOS tersebut memiliki dampak yang tidak bagus untuk perusahaan dan sektor pendidikan. Ini karena fitur privasi itu berpotensi merusak jaringan atau sistem manajemen perangkat tertentu yang digunakan.

Cisco melanjutkan,  Identity Services Engine (ISE) dapat mengalami masalah jika pengguna mengaktifkan fitur tersebut karena bergantung pada pencarian alamat MAC. Untuk mengatasi masalah ini satu-satunya cara yang bisa dilakukan pada saat ini adalah menon-aktifkan fitur alamat MAC acak.

"Untuk layanan Profiling dan Mobile device management (MDM), pengguna akhir dapat diinstruksikan untuk menon-aktifkan pengacakan alamat MAC pada perangkat sebelum mendapatkan akses jaringan yang dimaksudkan," ungkap Cisco, seperti dikutip dari 9to5Google, Jumat, 18 September.

 

Baca juga: Wah, Apple Rilis iPhone 12 pada 15 September ini!

 

Sebagai informasi, karyawan atau siswa yang menggunakan perangkat sendiri untuk aktifitas pembelajaran di sekolah atau pekerjaan, juga dapat mengalami masalah dengan persyaratan keamanan jaringan, karena mereka sering kali mengandalkan alamat MAC untuk otentikasi.

Tidak hanya perangkat Apple yang menyebabkan masalah, Google di Android 10 juga menambahkan alamat MAC acak sebagai fitur keamananya. 

"Solusinya, pengguna dapat dialihkan ke halaman hotspot yang dimodifikasi, di mana ia akan memberikan instruksi untuk menonaktifkan pengacakan alamat MAC saat perangkat menggunakan alamat MAC acak untuk terhubung ke jaringan. Setelah pengacakan alamat MAC dinonaktifkan, pengguna dapat terhubung secara normal," jelas Cisco.

Fitur ini dapat dinonaktifkan atau diaktifkan di setiap jaringan, sehingga ada baiknya untuk mengaktifkan fitur ini ketika sedang berada di kantor.
 

Baca juga: 5 Fitur Menarik Telegram yang Kamu Wajib Tahu