Buah Hati Susah BAB? Simak 5 Cara Mengatasinya!

Lifepod.id - Sistem pencernaan pada bayi berbeda dibanding orang dewasa. Oleh karena itu, si kecil sering mengalami gangguan pencernaan, salah satunya susah Buang Air Besar (BAB).

Buah Hati Susah BAB? Simak 5 Cara Mengatasinya!
Img. Gangguan pencernaan pada bayi | Pixabay

Tentu jika begini, orang tua akan khawatir terhadap kondisi buah hati tercinta. Masalah susah BAB pada bayi tidak bisa dianggap enteng sebab dapat berakibat buruk pada anak. Peran orang tua diperlukan untuk bisa mengenali dan menyikapi kondisi ini.

Berikut Lifepod sajikan mengenai 5 cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan BAB pada bayi.

 

1. Perbanyak konsumsi air putih

Jika anak Bunda mengkonsumsi susu formula, pastikan takaran yang dibuat sesuai dengan anjuran, ya. Susu yang terlalu encer bisa menyebabkan dehidrasi dan konstipasi pada si kecil.

Memastikan si kecil mengkonsumsi air putih yang cukup itu penting, lho. Pemberian air putih bisa dilakukan sedikit demi sedikit untuk melengkapi asupan cairan harian.


2. Memberikan jus buah

Beberapa buah seperti plum, pear, atau apel, mengandung laksatif alami yang baik untuk pencernaan si kecil. Bunda bisa membuatkan smoothies ataupun puree dari buah tersebut.

 

Baca juga: Tanda-tanda Bayi Siap Diberi MPASI

Baca juga: 3 Rekomendasi Menu MPASI Sehat untuk si Kecil

 

3. Membuat anak aktif

Dengan anak bergerak, bisa membantu tinja agar mudah keluar. Bila si kecil sudah belajar merangkak, bisa mengajak untuk aktif merangkak lebih sering. Apabila belum bisa, orang tua bisa menggerakkan kaki bayi seperti mengayuh sepeda.

 

Baca juga: 13 Kegiatan yang dapat Melatih Motorik Halus pada Anak

 

4. Mengganti merk susu formula bayi

BAB keras dan tidak lancar bisa diakibatkan susu formula (sufor) yang dikonsumsi si kecil. Bayi biasanya beraksi terdapat kandungan di dalam susunya.

 

5. Memijat perut bayi

Orang tua bisa mencoba memijat bagian bawah pusar si kecil dengan lembut. Bisa gunakan baby oil agar anak semakin rileks. Arah pijatan bisa disesuaikan dengan gerakan melingkar dari tengah ke luar.
 

Catatan Penting

Untuk membantu para Bunda Ayah diluar sana yang kesulitan mengatasi masalah pencernaan pada anak, Bebeclub menghadirkan FItur Ibu Hebat bernama Bebe Journey. Dengan Bebe Journey, orang tua bisa memastikan apakah anak mengalami gangguan atau tidak dengan Poop Tracker.

Selain itu, dengan mendaftar sebagai anggota, orang tua bisa mendapatkan hadiah menarik, lho. Yuk, segera mendaftar!

 

Baca juga: Ketahui Kondisi Bayi Berdasarkan Warna Fesesnya